Kompas TV regional berita daerah

Satu Bulan Kedepan, Kendaraan Bermotor Dilarang Masuk Bromo

Kompas.tv - 21 Januari 2020, 20:11 WIB

KOMPAS.TV - Selama satu bulan kedepan, kendaraan bermotor dilarang masuk kawasan kaldera Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur. Hal itu untuk menghormati Suku Tengger yang tengah melaksanakan Pujan Kapitu, serta perbaikan ekosistem alam.

Selama Pujan Kapitu dalam Kalender Suku Tengger, kawasan Laut Pasir Bromo, terbebas dari kendaraan bermotor, baik roda dua, roda tiga maupun roda empat, dilarang masuk kawasan laut pasir.

Penutupan akses untuk kendaraan bermotor dirumuskan saat rakor antara Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dengan para pelaku wisata serta masyarakat adat Suku Tengger.

Penutupan kendaraan bermotor, berlaku di empat pintu masuk kawasan laut pasir Bromo baik dari Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan dari Lumajang.

Kepala Bidang Teknis Konservasi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Pudji Adi, menyebutkan bahwa aktivitas wisatawan seperti biasa, namun untuk ke daerah Bromo tidak diperkenankan dengan kendaraan bermotor. Disarankan wisatawan yang ingin ke Bromo pada saat Pujan Kapitu bisa menggunakan kuda.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x