Kompas TV nasional berita kompas tv

Sebelum Tenggelam Kapal Pinisi yang Bawa Rombongan Wartawan Ditumpangi Erick Thohir dan Siti Nurbaya

Kompas.tv - 21 Januari 2020, 17:35 WIB
sebelum-tenggelam-kapal-pinisi-yang-bawa-rombongan-wartawan-ditumpangi-erick-thohir-dan-siti-nurbaya
Kapal Pinisi yang ditumpangi rombongan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo terbalik dan tenggelam di Labuan Bajo, Selasa (21/1/2020) (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapal Pinisi yang tenggelam di perairan Labuan Bajo bukan kapal yang digunakan Presiden selama berada di Labuan Bajo.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menjelaskan sebelum terbalik dan tenggelam kapal tersebut digunakan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat mendampingi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat kunjungan kerja di Labuan Bajo, Senin (20/1/2020).

Bey Machmudin menambahkan insiden kapal Pinisi bernama Plataran Pinisi Bali tenggelam sudah diluar dari rangkaian agenda kepresidenan. Tapi setelah acara terakhir di Labuan Bajo, yaitu penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat yang berlangsung pada Selasa (21/1/2020) pagi. Setelah acara, Presiden dan Ibu Negara langsung ke Bandara Komodo untuk kembali ke Jakarta.

Baca juga: Kronologi Kapal yang Ditumpangi Rombongan Kunker Jokowi Tenggelam di Labuan Bajo

"Para wartawan tersebut memilih untuk ke dermaga menaiki kapal menuju Pulau Bidadari. Dalam perjalanan kembali dari Pulau Bidadari, saat berada di tengah laut, terjadi perubahan cuaca mendadak yaitu ombak tinggi dan angin kencang sehingga kapal terbalik,"

Bey Machmudin menjelaskan saat kapal terbalik petugas pantai di Hotel Plataran yang melihat kejadian segera bergerak menuju lokasi dengan speedboat untuk menyelamatkan para rombongan.

Korban dari insiden dibawa ke Hotel Plataran dan langsung diperiksa oleh tim dokter dari RS Siloam Labuan Bajo.

"Saat ini, wartawan Istana yang terdiri dari Edho Ferdihanzah (TVRI), Krismastianto Baruno Suryokusumo (Berita Satu TV), Agus Rahmat (Vivanews.com), Lizsa Egeham (Liputan6.com), Desca Lidya Natalia (LKBN Antara), Nina Susilo (Kompas), dan Anindyka Pribadi (SCTV) sudah berada di Bandara Komodo, Labuan Bajo untuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat pukul 15.40 WITA," ujar Bey Machmudin.

Baca juga: 5 Titik Rekomendasi Saat ke Labuan Bajo, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Sebelumnya ketinggian ombak dan angin kencang menjadi penyebab Kapal Pinisi yang ditumpangi rombongan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo terbalik dan tenggelam di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peristiwa yang menipa kapal yang diisi wartawan dan staf biro pers Istana itu terjadi pada Selasa (21/1/2020) Siang. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x