Kompas TV nasional kompas siang

Hampir 2 Tahun "Jomblo", Cawagub DKI Jakarta Pendamping Anies Mulai Terkuak

Kompas.tv - 21 Januari 2020, 15:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendamping Gubernur Anies Baswedan, dalam memimpin  DKI Jakarta dalam waktu dekat segera diputuskan.

Dua politisi, Ahmad Riza Patria, dan Nurmansyah Lubis,jadi Calon Wakil Gubernur,posisi yang sejak tahun 2018 ditinggalkan Sandiaga Uno.

Setelah satu setengah tahun memimpin DKI Jakarta tanpa wakil,gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal kembali menemukan pendamping.
selama memimpin sendirian, anies beberapa kali meminta DPRD DKI Jakarta segera melakukan pemilihan Wagub DKI Jakarta.
Sandiaga Uno mundur dari kursi wakil Gubernur pada 27 agustus 2018.Langkah ini, merupakan konsekuensi karena maju jadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto, di Pilpres 2019.
praktis, Sejak itu pula , roda pemerintahan dki jakarta berjalan dengan satu kaki.
Siapa pendamping Anies, diumumkan partai gerindra 20 januari kemarin.
Partai Gerindra merekomendasikan kadernya riza patria. sementara  Partai Keadilan Sejahtera mendorong Nurmansyah Lubis.

Dengan adanya keputusan ini, Gerindra dan PKS sepakat mencabut surat sebelumnya, dan kembali mengajukan dua nama baru Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.
Di Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria  menduduki kursi ketua dpp yang membidangi kajian kebijakan politik.

Riza Patria juga terpilih sebagai Anggota DPR RI 2019-2024. Sebelumnya, ia sempat mengisi jabatan sebagai Wakil Ketua Komisi Dua DPR RI tahun 2014-2019.
Sedangkan, Nurmansyah Lubis adalah Anggota DPRD DKI Jakarta 2019-2024.
Nurmansyah juga didaulat sebagai Ketua Kaderisasi PKS 2001-2002. Ia  pernah menjadi Bendahara Umum PKS di tahun 1998-2000.

Keputusan mengenai dua nama Cawagub DKI, akan dikirim kepada Gubernur DKI Anies Baswedan dan selanjutnya diproses di DPRD DKI.
Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Nurmansyah Lubis, menyatakan siap jadi pendamping Anies Baswedan membangun Jakarta. Dia pun berjanji ke Anies tak akan menjadi matahari kembar.
Bila proses di DPRD DKI berjalan lancar, maka awal februari mendatang warga dki jakarta akan memiliki wakil gubernur baru, yang akan mendampingi anies baswedan memimpin pembangunan ibu kota.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.