Kompas TV regional berita daerah

Raja Keraton Agung Sejagat Toto Santoso Dipecat dari Sunda Empire

Kompas.tv - 20 Januari 2020, 16:29 WIB
raja-keraton-agung-sejagat-toto-santoso-dipecat-dari-sunda-empire
Ki Ageng Ranggasasana, salah satu pejabat Sunda Empire memastikan bahwa Raja Keraton Agung Sejagat Toto Santoso telah dipecat dari jabatan dan keanggotaan Sunda Empire, Minggu (19/1/2020) di Yogyakarta. (Sumber: Kompas TV/Michael)
Penulis : Deni Muliya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ki Ageng Ranggasasana, salah seorang pejabat Sunda Empire menyatakan bahwa Keraton Agung Sejagat yang dipimpin Toto Santoso tidak ada hubungannya dengan Sunda Empire.

Walaupun ia mengakui Toto Santoso pernah bergabung dengan Sunda Empire.

Baca Juga: Raja Keraton Agung Sejagat Pernah jadi Anggota Sunda Empire

Pengakuannya berdasarkan pada foto yang memperlihatkan Toto Santoso berada dalam sebuah acara Sunda Empire dan duduk berdekatan dengan pimpinan tertinggi Sunda Empire, Grand Prime Minister Nashir Banks.

Mereka yang berdekatan dengan Nashir Banks adalah orang yang menjabat sebagai gubernur jenderal sebagai salah satu jabatan penting di Sunda Empire.

“Saya melihat bahwa Toto Santoso pernah ada fotonya di Sunda Empire, itu sebelum saya ada di Sunda Empire. Saya sendiri tidak kenal dengan Toto Santoso. Wajahnya juga saya tidak tahu seperti apa. Demi Allah dan demi Rasulullah tidak ada kaitannya,” ujar Ki Ageng Raggasasana kepada Kompas TV, di Yogyakarta, Minggu (19/1/2020).

Baca Juga: Lagi, Kerajaan Baru di Tasikmalaya

Menurut Ki Ageng Ranggasasana, Keraton Agung Sejagat itu berdiri di luar sistem dan koordinasi Sunda Empire. 

Namun ia memastikan bahwa Toto Santoso telah dipecat dari jabatan dan keanggotaan Sunda Empire.

Ranggasasana menduga, Toto mendirikan Keraton Agung Sejagat itu mengadopsi sebagian ilmu keorganisasian yang dipelajarinya dari Sunda Empire. (Michael)
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x