HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Adian Napitupulu: Harun Masiku Hanya Ingin Menagih Haknya...

Senin, 20 Januari 2020 | 04:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politisi PDI Perjuangan, Adian Napitupulu menilai caleg PDIP yang kini buron di luar negeri, Harun Masiku, adalah korban dan bukan pelaku suap.

Menurut Adian, Harun hanya ingin menagih haknya yang sudah diputuskan oleh partai bahwa dia akan masuk ke DPR berdasarkan keputusan Mahkamah Agung atau MA tentang peralihan suara caleg yang meninggal.

Baca Juga: Kata Adian, Harun Masiku Hanyalah Korban

PDIP lewat tim hukumnya mempermasalahkan keputusan KPU yang mengabaikan keputusan MA tentang peralihan suara caleg yang meninggal dunia.

Menurut tim hukum PDIP, beda tafsir ini menjadi penyebab kasus suap kader PDIP Harun Masiku kepada mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Anggota tim hukum DPP PDIP, Maqdir Ismail menyatakan perbedaan penafsiran serta sikap antara MA dan KPU menjadi awal mula adanya permasalahan hukuman yang menyeret kader Harun Masiku.

Baca Juga: Adian Napitupulu: Soal Harun Masiku, Jangan Salahkan PDI-P

Maqdir menilai semestinya KPU menaati putusan Mahkamah Agung terkait diskresi pemberian suara calon legislatif yang meninggal dunia kepada parpol.

Harun Masiku, caleg PDIP yang sudah dipecat partainya, lanjut buron di luar negeri.

Imigrasi mencatat bahwa Harun pergi ke Singapura pada 6 Januari 2020 atau sebelum OTT KPK terjadi.

Meski belum tertangkap, Harun menjadi tersangka pemberi suap ratusan juta rupiah kepada tersangka lain, mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang sudah ditahan KPK.

Penulis : Christandi Super



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:23
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !   SAAT INI, LIVERPOOL KOKOH DI PUNCAK KLASEMEN LIGA INGGRIS DENGAN KOLEKSI 76 POIN   LIVERPOOL JADI TIM PERTAMA EROPA YANG LOLOS KE LIGA CHAMPIONS MUSIM DEPAN   THAILAND MELARANG WARGANYA KUNJUNGI JEPANG DAN SINGAPURA UNTUK SEMENTARA WAKTU KARENA VIRUS KORONA   DIREKTUR RS WUCHANG, WUHAN, LIU ZHIMING MENINGGAL DUNIA AKIBAT VIRUS KORONA   BADAN PENANGGULANGAN BENCANA INGGRIS TERBITKAN 600 PERINGATAN BAHAYA BANJIR AKIBAT BADAI DENNIS   PENCARIAN KORBAN LONGSOR DI PASAMAN, SUMBAR, TERKENDALA AKSES MASUK ALAT BERAT KE LOKASI KEJADIAN   DPR MINTA KEMENTAN BENAHI PERHITUNGAN DATA PERTANIAN   BNN SITA KERANJANG BUAH YANG DIDUGA BERISI GANJA DI CIKOKOL, KOTA TANGERANG   DINAS TATA RUANG KOTA BEKASI SEBUT 400.000 RUMAH TINGGAL YANG TIDAK MENGANTONGI IMB BERADA DI PERKAMPUNGAN   DINAS TATA RUANG KOTA BEKASI: ADA 400.000 DARI 800.000 RUMAH TINGGAL DI BEKASI YANG BELUM MENGANTONGI IMB   TRANSJAKARTA UBAH RUTE BUS HARMONI-PULOGADUNG KARENA ADA PENGERJAAN "UNDERPASS" SENEN, JAKARTA PUSAT   KEPALA STAF KEPRESIDENAN (KSP) MOELDOKO: PROGRAM KARTU PRAKERJA MULAI DILAKSANAKAN APRIL 2020