Kompas TV klik360 cerita indonesia

Pembunuh Begal di Malang Demi Membela Pacar, Ternyata Juga Punya Istri

Minggu, 19 Januari 2020 | 22:39 WIB

Malang, Kompas TV – Seorang pelajar SMA di Kabupaten Malang, Jawa Timur yang membunuh begal karena melindungi pacarnya, ternyata sudah berkeluarga.

Meski masih di bawah umur, ternyata ZA sudah menikah dan memiliki satu orang anak. Pacar yang ia lindungi dari begal bukan istrinya, melainkan perempuan yang berbeda.

Baca Juga: Fakta Pelajar Terancam Hukuman Seumur Hidup karena Bunuh Begal

Sebelumnya, ZA diancam hukuman seumur hidup oleh Pengadilan Negeri (PN) Kepanjen, Kabupaten Malang. Ia didakwa dengan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana, dengan ancaman hukuman paling berat penjara seumur hidup. Sidang dakwaan tersebut telah berlangsung pada hari Selasa, 14 Januari 2020 lalu. 

Pengacara terdakwa, Lukman Chakim menyatakan keberatan atas keputusan majelis hakim.

Menurutnya, kronologi kejadian tersebut tidak memenuhi unsur PDARI Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana. 

“Pasal 340 ini yang sangat janggal. Di mana 340 ini ada unsur perencanaannya. Karena itu kami sayangkan,” Ujar Lukman kepada Kompas.com.

Baca Juga: Kronologi Pelajar Bunuh Begal di Malang, Hingga Didakwa Seumur Hidup

Oleh karena itu, tim kuasa hukum mengajukan keberatan atas keputusan hakim. Mereka berusaha untuk mencari saksi ahli pidana untuk membantah dakwaan tersebut.

ZA disidang melalui pengadilan anak yang tertutup. Ia didampingi oleh lima orang pengacara dari BRH and Associate Law Office, di antaranya : Bhakti Riza Hidayat, Lukman Chakim, Novi Zulfikar, Moch Asni Fitrian dan Afrizal Multi Wibowo.
 

Penulis : Abdur Rahim





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:52
DUBES RI: 23 WNI KORBAN KECELAKAAN BUS DI TURKI DIPULANGKAN PEKAN INI   DUBES RI UNTUK TURKI IMBAU MASYARAKAT INDONESIA TOLAK TAWARAN PEKERJAAN JADI ART DI TURKI   DUBES RI UNTUK TURKI: SEPANJANG 2021 ADA 19 KASUS PERDAGANGAN MANUSIA YANG LIBATKAN WNI    KSAL RESMIKAN PEMBANGUNAN STASIUN BANTU KAPAL SELAM DAN PERESMIAN MES TJIPTADI NATUNA, KEPULAUAN RIAU   MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS MENGIMBAU PENDAKWAH DAN PENCERAMAH AGAMA MENJAGA PERSATUAN UMAT   HAKIM TOLAK PERMOHONAN TERDAKWA KASUS SUAP DJOKO TJANDRA JADI “JUSTICE COLLABORATOR”   PN JAKARTA TIMUR LANJUTKAN SIDANG UNTUK TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB PADA SELASA, 6 APRIL 2021   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: VAKSINASI COVID-19 PADA APRIL 2021 AKAN DIPRIORITASKAN UNTUK WARGA LANSIA   PEKAN INI, POLDA METRO BAKAL GELAR VAKSINASI BAGI WARGA LANSIA HINGGA PENGEMUDI OJEK DARING   UJI COBA SEKOLAH TATAP MUKA, KPAI SARANKAN PEMPROV DKI SOSIALISASIKAN SOP DAN PROKES   KEMENKES: PASIEN YANG TERPAPAR MUTASI VIRUS KORONA E484K SUDAH SEMBUH   DISDIK DKI: SEKOLAH TATAP MUKA DI JAKARTA, WAKTU BELAJAR HANYA 2 JAM SEMINGGU   PEMPROV DKI JAKARTA PERPANJANG PPKM MIKRO HINGGA 19 APRIL 2021   BNPB KERAHKAN HELIKOPTER GUNA BANTU PENANGANAN BANJIR BANDANG DI SEJUMLAH WILAYAH NTT