HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional aiman

Bencana Banjir Jakarta, Penyebab dan Kegaduhannya - AIMAN (Bag 1)

Minggu, 19 Januari 2020 | 15:32 WIB

Dalam episode ini, AIMAN membahas banjir besar yang melanda Jakarta dan sekitarnya pada awal tahun 2020. Namun, banjir kali ini bukan bencana biasa. Mendadak, riuh politik mencuat.

Diawali dengan video sekelompok aktivis pengkritik Anies Baswedan yang viral, bertepatan dengan banjir besar melanda. Dalam video tersebut terungkap ajakan kewaspadaan terhadap kemungkinan Anies Baswedan menjadi presiden pada tahun 2024.

Baca Juga: Kritikan Politik Bagi Kepemimpinan Anies - AIMAN (Bag 4)

“Kalau Pilpres diadakan sekarang, pemenangnya adalah Anies Baswedan. Itu kenyataan yang membuat kita harus evaluasi diri. Di kelompok kita, (calon Presiden) itu terlalu banyak. Sementara, di kelompok sebelah (calon Presiden) hanya satu. Mereka begitu solid dan kita begitu tercerai berai,” kata Rudi S Kamri, salah satu aktivis pengkritik Anies Baswedan dalam video tersebut.

Memang, elektabilitas atau peluang terpilihnya Anies pada Pilpres 2024 cukup tinggi, bahkan di atas Ridwan Kamil pada survei Indopol, April 2019. Anies pun kerap disebut-sebut sebagai calon Presiden potensial pada berbagai kesempatan. Hal ini lantas menimbulkan tanya. Benarkah momentum bencana banjir di Ibu Kota menjadi strategi politik jelang Pemilu 2024 mendatang?

Sementara itu, terkait cuaca ekstrem sampai Februari 2020, bahaya banjir ternyata masih mengintai. Oleh sebab itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan TNI AU, melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di perairan barat daya Laut Jawa.

Baca Juga: Teknologi Modifikasi Cuaca, Usaha Mengurangi Hujan - AIMAN (Bag 2)

Jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono, ikut serta dalam penerbangan dengan pesawat CN 295 untuk mengurangi curah hujan di Jakarta dan sekitarnya, agar tidak ada lagi kerugian dan korban jiwa.

Saksikan AIMAN episode Mendadak Politik di Banjir Ibu Kota, bagian pertama, berikut ini.

#Aiman #BanjirJakarta #AniesBaswedan

Penulis : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:14
LIVERPOOL BERENCANA REKRUT PEMAIN BAYER LEVERKUSEN, KAI HAVERTZ, PADA MUSIM PANAS MENDATANG   REAL MADRID DAN BARCELONA INCAR TANDA TANGAN PEMAIN INTER MILAN, LAUTARO MARTINEZ   PEMERINTAH KOTA BEKASI BUTUHKAN 500 UNIT POMPA UNTUK ANTISIPASI BANJIR DI 12 KECAMATAN   MENKEU SRI MULYANI SEBUT DARI 2.853 DESA DI SUMSEL BARU 25 DESA YANG SUDAH TERIMA PENYALURAN DANA DESA TAHAP I 2020   PENYEBARAN VIRUS KORONA DI KOREA SELATAN, KBRI SEOUL PASTIKAN SELURUH WNI SEHAT DAN AMAN   DINAS BINA MARGA: AKIBAT BANJIR, 495 JALAN DI JAKARTA RUSAK DAN 3.290 TITIK BERLUBANG   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN KELUARKAN INSTRUKSI GUBERNUR TENTANG WASPADA RISIKO PENULARAN VIRUS KORONA   KOMISI VIII DPR MINTA PENANGANAN ABRASI DI PANTAI PADANG, SUMBAR, DIPERCEPAT   CEGAH BANJIR, DINAS SUMBER DAYA AIR BEKASI AKAN TAMBAH MESIN POMPA AIR DI “UNDERPASS” TOL JORR KALIMALANG   ANGGOTA BRIMOB GUGUR TERTEMBAK KKB, APARAT PANTAU PERGERAKAN KELOMPOK KRIMINAL BERSENJATA EGIANUS KOGOYA   KAPOLDA PAPUA: BRIMOB YANG TERTEMBAK KKB AKAN MENERIMA KENAIKAN PANGKAT LUAR BIASA MENJADI BHARATU   KAPOLDA PAPUA: JENAZAH ANGGOTA BRIMOB YANG TERTEMBAK KKB DI MIMIKA DIPULANGKAN KE JAKARTA   MASUK KAWASAN 10 DESTINASI WISATA PRIORITAS, KEMENHUB KEMBANGKAN BANDARA DI WAKATOBI, SULAWESI TENGGARA   PLN GENJOT PEMBANGUNAN JARINGAN LISTRIK PADA 28 DESA DI WILAYAH KABUPATEN MANGGARAI TIMUR, PULAU FLORES, NTT