Kompas TV nasional aiman

Bencana Banjir Jakarta, Penyebab dan Kegaduhannya - AIMAN (Bag 1)

Kompas.tv - 19 Januari 2020, 15:32 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Dalam episode ini, AIMAN membahas banjir besar yang melanda Jakarta dan sekitarnya pada awal tahun 2020. Namun, banjir kali ini bukan bencana biasa. Mendadak, riuh politik mencuat.

Diawali dengan video sekelompok aktivis pengkritik Anies Baswedan yang viral, bertepatan dengan banjir besar melanda. Dalam video tersebut terungkap ajakan kewaspadaan terhadap kemungkinan Anies Baswedan menjadi presiden pada tahun 2024.

Baca Juga: Kritikan Politik Bagi Kepemimpinan Anies - AIMAN (Bag 4)

“Kalau Pilpres diadakan sekarang, pemenangnya adalah Anies Baswedan. Itu kenyataan yang membuat kita harus evaluasi diri. Di kelompok kita, (calon Presiden) itu terlalu banyak. Sementara, di kelompok sebelah (calon Presiden) hanya satu. Mereka begitu solid dan kita begitu tercerai berai,” kata Rudi S Kamri, salah satu aktivis pengkritik Anies Baswedan dalam video tersebut.

Memang, elektabilitas atau peluang terpilihnya Anies pada Pilpres 2024 cukup tinggi, bahkan di atas Ridwan Kamil pada survei Indopol, April 2019. Anies pun kerap disebut-sebut sebagai calon Presiden potensial pada berbagai kesempatan. Hal ini lantas menimbulkan tanya. Benarkah momentum bencana banjir di Ibu Kota menjadi strategi politik jelang Pemilu 2024 mendatang?

Sementara itu, terkait cuaca ekstrem sampai Februari 2020, bahaya banjir ternyata masih mengintai. Oleh sebab itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan TNI AU, melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di perairan barat daya Laut Jawa.

Baca Juga: Teknologi Modifikasi Cuaca, Usaha Mengurangi Hujan - AIMAN (Bag 2)

Jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono, ikut serta dalam penerbangan dengan pesawat CN 295 untuk mengurangi curah hujan di Jakarta dan sekitarnya, agar tidak ada lagi kerugian dan korban jiwa.

Saksikan AIMAN episode Mendadak Politik di Banjir Ibu Kota, bagian pertama, berikut ini.

#Aiman #BanjirJakarta #AniesBaswedan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x