HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Kerajaan Fiktif, Sejauh Mana Imbas Terhadap Masyarakat?

Minggu, 19 Januari 2020 | 14:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Setelah Keraton Agung Sejagat, masyarakat kembali dihebohkan dengan kemunculan ''Sunda Empire'' atau menamakan dirinya dengan Kekaisaran Sunda. 

Sempat dipimpin oleh orang yang sama, Toto Santoso, yang sekarang menjadi Raja di Keraton Agung Sejagat

Tak tanggung-tanggung, kerajaan fiktif ini ternyata memiliki ratusan pengikut. 

Tergolong penipuan kah, atau ada lagi modus lain? 

Kita akan membahasnya bersama psikolog forensik, Reza Indragiri

Dan juga akan bergabung bersama kami, Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Erlangga, juga ada budayawan Sunda, Dedi Mulyadi.  

Menurut Dedi Mulyadi, orang yang terobsesi terhadap masa lalu itu biasanya tidak memahami sejarah secara utuh namun lebih di dasarkan dengan sebuah euphoria. 

Diantaranya, keinginan untuk menggunakan seragam, para pencari harta karun yang terobsesi untuk kaya dengan cara cepat. 

Tidak hanya di Jawa Barat, tapi hampir di berbagai tempat banyak orang yang memiliki obsesi ini.

Secara umum, masyarakat kita banyak yang tertipu dengan hal-hal seperti ini.

Bagaimana cara kita mencegahnya?

Penulis : Dea Davina



BERITA LAINNYA

Berita Daerah

Ada Lho, Bayi Dikasih Nama Fly Over

Selasa, 18 Februari 2020 | 17:11 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:13
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !   HINGGA SAAT INI, SUDAH 77 ORANG TERJANGKIT VIRUS KORONA DI SINGAPURA   WTO PERKIRAKAN WABAH VIRUS CORONA AKAN MEMPERBURUK PROYEKSI LAJU PERDAGANGAN GLOBAL 2020   PRODUSEN SEPEDA MOTOR VIAR DAN BENELLI DI INDONESIA TERANCAM TIDAK BISA BERJUALAN AKIBAT WABAH VIRUS CORONA   3 DARI 78 WNI YANG MENJADI KRU KAPAL PESIAR JEPANG TERJANGKIT VIRUS KORONA   MENLU RETNO MARSUDI BERKOORDINASI DENGAN OTORITAS JEPANG DAN PERUSAHAN KAPAL PESIAR UNTUK EVAKUASI 78 WNI   BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL (BATAN) MENGKLAIM PAPARAN ZAT RADIOAKTIF DI TANGSEL TURUN 90%   KOMISIONER KPU EVI NOVIDA GINTING MANIK SEBUT ADA 5 PROVINSI BERPOTENSI MUNCULKAN CALON KEPALA DAERAH INDEPENDEN   KPU: BELUM ADA BAKAL CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR YANG MENDAFTARKAN DIRI MELALUI JALUR PERSEORANGAN   KUASA HUKUM SEKJEN SUNDA EMPIRE RANGGA SASANA, ERWIN SYAHRUDIN, AJUKAN PENANGGUHAN PENAHANAN KLIENNYA   PARTAI DEMOKRAT PERTANYAKAN PEMBENTUKAN PANSUS JIWASRAYA YANG MANDEK   MENKEU SRI MULYANI ANCAM TARIK SUNTIKAN MODAL KE BPJS KESEHATAN JIKA IURAN BATAL NAIK   KEMENSOS SEBUT 30 JUTA ORANG MAMPU MENIKMATI SUBSIDI BPJS