HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Permasalahan Psikologi Sosial Menjadi Penyebab Munculnya Kerajaan Fiktif

Minggu, 19 Januari 2020 | 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Setelah Keraton Agung Sejagat, masyarakat kembali dihebohkan dengan kemunculan ''Sunda Empire'' atau menamakan dirinya dengan Kekaisaran Sunda. 

Sempat dipimpin oleh orang yang sama, Toto Santoso, yang sekarang menjadi Raja di Keraton Agung Sejagat

Tak tanggung-tanggung, kerajaan fiktif ini ternyata memiliki ratusan pengikut. 

Tergolong penipuan kah, atau ada lagi modus lain? 

Kita akan membahasnya bersama psikolog forensik, Reza Indragiri

Dan juga akan bergabung bersama kami, Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Erlangga, juga ada budayawan Sunda, Dedi Mulyadi.  

Menurut Dedi Mulyadi, orang yang terobsesi terhadap masa lalu itu biasanya tidak memahami sejarah secara utuh namun lebih di dasarkan dengan sebuah euphoria. 

Diantaranya, keinginan untuk menggunakan seragam, para pencari harta karun yang terobsesi untuk kaya dengan cara cepat. 

Tidak hanya di Jawa Barat, tapi hampir di berbagai tempat banyak orang yang memiliki obsesi ini.

Secara umum, masyarakat kita banyak yang tertipu dengan hal-hal seperti ini.

Bagaimana cara kita mencegahnya?

Penulis : Dea Davina



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:23
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !   SAAT INI, LIVERPOOL KOKOH DI PUNCAK KLASEMEN LIGA INGGRIS DENGAN KOLEKSI 76 POIN   LIVERPOOL JADI TIM PERTAMA EROPA YANG LOLOS KE LIGA CHAMPIONS MUSIM DEPAN   THAILAND MELARANG WARGANYA KUNJUNGI JEPANG DAN SINGAPURA UNTUK SEMENTARA WAKTU KARENA VIRUS KORONA   DIREKTUR RS WUCHANG, WUHAN, LIU ZHIMING MENINGGAL DUNIA AKIBAT VIRUS KORONA   BADAN PENANGGULANGAN BENCANA INGGRIS TERBITKAN 600 PERINGATAN BAHAYA BANJIR AKIBAT BADAI DENNIS   PENCARIAN KORBAN LONGSOR DI PASAMAN, SUMBAR, TERKENDALA AKSES MASUK ALAT BERAT KE LOKASI KEJADIAN   DPR MINTA KEMENTAN BENAHI PERHITUNGAN DATA PERTANIAN   BNN SITA KERANJANG BUAH YANG DIDUGA BERISI GANJA DI CIKOKOL, KOTA TANGERANG   DINAS TATA RUANG KOTA BEKASI SEBUT 400.000 RUMAH TINGGAL YANG TIDAK MENGANTONGI IMB BERADA DI PERKAMPUNGAN   DINAS TATA RUANG KOTA BEKASI: ADA 400.000 DARI 800.000 RUMAH TINGGAL DI BEKASI YANG BELUM MENGANTONGI IMB   TRANSJAKARTA UBAH RUTE BUS HARMONI-PULOGADUNG KARENA ADA PENGERJAAN "UNDERPASS" SENEN, JAKARTA PUSAT   KEPALA STAF KEPRESIDENAN (KSP) MOELDOKO: PROGRAM KARTU PRAKERJA MULAI DILAKSANAKAN APRIL 2020