Kompas TV laporan khusus investigasi digital

Raja Keraton Agung Sejagat Pernah Jadi Gubernur Jenderal Sunda Empire

Sabtu, 18 Januari 2020 | 19:49 WIB
raja-keraton-agung-sejagat-pernah-jadi-gubernur-jenderal-sunda-empire
Raja Keraton Agung Sejagat Totok Santoso (ketiga dari kiri) yang kini sebgai tersangka kasus penipuan di Polda Jawa Tengah pernah mengikuti kegiatan Sunda Empire (Sumber: Facebook Mahmudi Adec)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kemunculan Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire - Earth Empire seakan membuka jaringan oligarki bawah tanah yang ada di Indonesia.

Keraton Agung Sejagat milik Toto Santoso diduga berafiliasi dangan Sunda Empire yang dipimpin Nasri Banks. Meski berpisah kedua kerajaan itu yang memiliki tujuan dasar yang sama yakni, membangun program kemanusiaan. Belakangan tujuan tersebut diduga sebagai kedok untuk mencari keuntungan.

Hasil penelusuran di media sosial maupun mesin pencari google, diketahui Raja Keraton Agung Toto Santoso pernah menjabat sebagai Gubernur Jenderal Nusantara Teritory. Nusantara Territory merupakan satu dari enam bagian Territory Sunda Empire.

Toto melakukan kerja sosial membangun Development Committee (DEC) di wilayah Jawa Tengah. Tepatnya menyasar pada kabupaten kota. 

Baca juga: Fakta Kegiatan Sunda Empire di Bandung

Sebuah akun Facebook dengan nama World Development Committe (WDC) menjelaskan DEC merupakan sebuah panitia yang dibentuk oleh masyarakat kabupaten/kota untuk menjalankan program kemanusiaan. 

Sebuah blog dengan nama yang sama juga menjelaskan Panitia Pembangunan (DEC) terbentuk atas inisiatif 14 orang di kabupaten/kotamadya. Panitia tersebut selanjutnya disebut sebagai Deklarator dari DEC.

Editor : Johannes Mangihot

1
2
3



BERITA LAINNYA


KOMPAS SPORT

Timnas U-16 akan Kembali Gelar Uji Coba

Senin, 28 September 2020 | 06:15 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
06:20
TAK ADA PENAMBAHAN TPS, KPU TANGSEL GILIR JADWAL KEDATANGAN PEMILIH UNTUK HINDARI KERUMUNAN    KPU TANGERANG SELATAN TAK BERENCANA TAMBAH JUMLAH TPS PADA PILKADA 2020   MENKO PMK SEBUT SAAT INI PEMERINTAH MULAI UBAH STRATEGI PEMBANGUNAN KESEHATAN   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA IDI LINDUNGI PARA DOKTER YANG TANGANI COVID-19   KLHK PERKIRAKAN PEMULIHAN LAHAN KRITIS DI INDONESIA BUTUH 60 TAHUN   PEMPROV JATIM TEGASKAN PILKADA SERENTAK UTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN   PEMPROV DKI SIAPKAN SISTEM PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK TERPUSAT SKALA PERKOTAAN DAN PERMUKIMAN   MENAKER IDA FAUZIAH: KUNCI SUKSES DI REVOLUSI 4.0 ADALAH ADAPTIF DAN INOVATIF PADA PERUBAHAN   PANDEMI KORONA, MENTERI PPPA SUSUN PROTOKOL KHUSUS CEGAH MUNCULNYA KLASTER KELUARGA   PANDEMI KORONA, MENTERI PPPA MINTA ORANG TUA SELALU BERSIHKAN DIRI SAAT TIBA DI RUMAH    KEMENTERIAN PERDAGANGAN DUKUNG PENATAAN EKOSISTEM LOGISTIK NASIONAL   KEMENPERIN PASTIKAN INDUSTRI TERAPKAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN LIMBAH DENGAN BAIK    KEMENPERIN SIAP EVALUASI KEBIJAKAN INDUSTRI DI TENGAH PANDEMI COVID-19    KETUA PELAKSANA KOMITE COVID-19 ERICK THOHIR: PROGRAM BANTUAN KUOTA INTERNET UNTUK JAGA KUALITAS SDM