HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas malam

Bantah Cabut Subsidi Elpiji 3 Kg, Menteri ESDM: Warga Tidak Mampu Tetap Terima Subsidi

Sabtu, 18 Januari 2020 | 00:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, menyatakan pemerintah akan memberlakukan subsidi tertutup untuk penyaluran subsidi elpiji tiga kilogram.

Arifin menyebut, mekanisme yang tengah diberlakukan adalah pendataan ulang.

Menurut Arifin Tasrif, skema subsidi tertutup yang dimaksud adalah penyaluran kepada masyarakat yang berhak menerima dan terdaftar.

Pemerintah disebut tengah berupaya untuk mengontrol penyaluran elpiji bersubsidi agar tepat sasaran.

Baca Juga: Siap-siap, Subsidi Gas LPG 3 Kilogram Akan Dihilangkan

Salah satu mekanisme yang dikaji adalah Bantuan Langsung Tunai, atau BLT.

Mekanisme penyaluran subsidi ini masih dikaji apakah dengan dana langsung melalui rekening atau diberikan Elpiji langsung ke penerima.

“Diidentifikasi dulu yang berhak menerima. Tetep yang nerima itu harus terdaftar, biar bisa teridentifikasi dan terorganisir. Itu agar mencegah kebocoran,” sebut Arifin.

Arifin katakan bahwa bentuk kompensasi masih dalam pembahasan, dan jelaskan bahwa pemerintah tidak ada niat buruk.

Penulis : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
10:14
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB   HARI EKSTRA, BELANJA EKSTRA! DISKON 50 PERSEN BELANJA DI GERAI.KOMPAS.ID. AKSES KLIK.KOMPAS.ID/KABISAT 2020   BRASIL UMUMKAN KASUS PERTAMA PASIEN POSITIF TERJANGKIT VIRUS KORONA YANG KEMBALI DARI ITALIA   PM AUSTRALIA SCOTT MORRISON PERPANJANG LARANGAN MASUK BAGI WARGA TIONGKOK TERKAIT VIRUS KORONA    KETUA KOMISI II DPR AHMAD DOLI KURNIA AKAN KAJI LAGI PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI SOAL PILPRES DAN PILEG SERENTAK   POLITISI PARTAI KEADILAN RAKYAT ANWAR IBRAHIM: MAHATHIR MOHAMAD SENDIRI YANG INGIN KELUAR DARI PAKATAN HARAPAN    WHO LAPORKAN 9 NEGARA BARU YANG TERINFEKSI VIRUS KORONA   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM INGIN BUDAYA INDONESIA MENJADI BUDAYA OFENSIF, BUKAN DEFENSIF   DIRUT PT MRT: LEWATI RING 1 DAN CAGAR BUDAYA, PT MRT SIAPKAN SISTEM PERENCANAAN PEMBANGUNAN KEAMANAN YANG TINGGI   DIRUT PT MRT: PEMBANGUNAN FASE 2 MRT JAKARTA SIAPKAN KETAHANAN MITIGASI BENCANA   DIRUT PT MRT: PEMBANGUNAN FASE 2 STASIUN DAN TEROWONGAN BERADA PADA STRUKTUR TANAH YANG LUNAK DI BAWAH SUNGAI   BPPT SEBUT TEKNOLOGI MODIFIKASI CUACA TIDAK BISA MENJANGKAU AWAN-AWAN HUJAN DI MALAM HINGGA DINI HARI   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO PASTIKAN PULAU SEBARU SUDAH SIAP OBSERVASI 188 WNI KRU WORLD DREAM