Kompas TV nasional berita kompas tv

Fakta Kegiatan Sunda Empire di Bandung

Jumat, 17 Januari 2020 | 22:31 WIB
fakta-kegiatan-sunda-empire-di-bandung
Raja Keraton Agung Sejagat Totok Santoso (ketiga dari kiri) yang kini sebgai tersangka kasus penipuan di Polda Jawa Tengah pernah mengikuti kegiatan Sunda Empire (Sumber: Facebook Mahmudi Adec)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kemunculan kabar adanya Sunda Empire membuat pertanyaaan apakah organisasi tersebut resmi dan apa kegiatannya. Mengigat pemberitaan tentang Sunda Empire tak jauh setelah kemunculan Keraton Agung Sejagat yang belakangan menjadi kedok untuk menipu warga Purworejo, Jawa Tengah.

Sejumlah kegiatan Sunda Empire yang diunggah anggotanya beredar di media sosial Facebook dan menjadi perhatian, mulai dari pakaian ala militer, jabatan dan gelar kebarat-baratan hingga lokasi pertemuan. Hasil penelusuran diketahui, kegiatan dilakukan di kawasan Bandung Jawa barat. 


1. Berkegiatan di Kampus

Kegiatan Sunda Empire - Earth Empire (Sumber: Facebook Renny Khairani Miller)

Sejumlah foto kegiatan Sunda Empire yang beredar di media sosial ternyata dilakukan di Aula Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Kegiatan tersebut berlangsung pada 8 Maret 2017.

Baca juga: Fakta Kejanggalan di Keraton Abal-abal Agung Sejagat

Selain aula mereka juga melaksanakan kegiatan di lapangan Isola resort . Gedung yang didirikan pada tahun 1933 menjadi salah satu bangunan bersejarah di Bandung.

Pihak UPI mengakui pernah ada kegiatan di aula dan lapangan gedung Isola namun bukan menjadi bagian dari kegiatan tersebut. Civitas akademika UPi juga tidak terlibat dan menjadi anggota Sunda Emipre.

Editor : Johannes Mangihot

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:46
PERSIB MINTA KETEGASAN PSSI SOAL JADWAL PASTI DIGELARNYA LANJUTAN LIGA 1 YANG DITUNDA HINGGA AWAL 2021   MULAI 1 NOVEMBER 2020, SITUS WISATA MACHU PICCHU DI PERU KEMBALI DIBUKA SETELAH 7 BULAN DITUTUP KARENA PANDEMI   PERANCIS DAN JERMAN KEMBALI MEMBERLAKUKAN PEMBATASAN WILAYAH UNTUK MENAHAN LAJU PENULARAN KORONA   PERANCIS TINGKATKAN STATUS PERINGATAN KEAMANAN DI WILAYAHNYA KE LEVEL TERTINGGI SETELAH ADANYA PENUSUKAN DI NICE   FEDERASI TENIS PERANCIS (FFT): TURNAMEN PARIS MASTERS DIGELAR TANPA PENONTON PADA 31 OKTOBER-8 NOVEMBER 2020   DAMPAK PANDEMI KORONA, PENDAPATAN LIGA BASKET PROFESIONAL AS (NBA) TURUN HINGGA TRILIUNAN RUPIAH   PUSAT PENGENDALIAN & PENCEGAHAN PENYAKIT AS: INFORMASI VAKSIN FLU TINGKATKAN RISIKO TERINFEKSI KORONA ADALAH HOAKS   KEMENAG RI: 33.429 CALON ANGGOTA JEMAAH TIDAK LOLOS SYARAT USIA UMRAH SAAT PANDEMI   PEMERINTAH: ADA 34 PROVINSI DAN 502 KABUPATEN/KOTA YANG TERDAMPAK KORONA   HINGGA 29 OKTOBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI INDONESIA: 404.048 POSITIF, 329.778 SEMBUH, 13.701 MENINGGAL DUNIA   SATGAS COVID-19 BUAT APLIKASI UNTUK PANTAU KEPATUHAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN   BAWASLU TANGSEL TINDAK 39 PELANGGARAN PILKADA, MAYORITAS KASUS NETRALITAS ASN   BESARAN UMP DIY PADA TAHUN 2020 NILAINYA MENCAPAI RP 1.704.608 DENGAN NILAI UPAH TERENDAH DI INDONESIA   PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BELUM BISA MENENTUKAN BESARAN UPAH MINIMUM PROVINSI UNTUK 2021