HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Kreatif! Siswa SMK Ciptakan Alat Penyiram Tanaman Otomatis

Jumat, 17 Januari 2020 | 21:42 WIB

KEDIRI, KOMPAS.TV - Dua orang siswa sebuah SMK di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menciptakan alat penyiram tanaman otomatis yang bisa dikendalikan lewat gawai.

Canggihnya alat penyiram tanaman ini dilengkapi indikator kelembaban tanah yang akan membantu memantau pertumbuhan tanaman.

Kesal karena tanamannya sering layu dan mati saat ditinggal bepergian, Mohammad Fatkhur dan Muhammad Azis Prasetyo.

Dua siswa SMK Negeri 1 Ngasem, Kediri, Jawa timur menciptakan alat penyiram tanaman yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Alat penyiram tanaman yang bisa bekerja otomatis ini dikendalikan oleh robot mikro yang bisa dioperasikan melalui aplikasi di ponsel pintar. Alat penyiram tanaman buatan Fatkhur dan Azis memanfaatkan layanan telegram untuk sistem pengoperasiannya.

Alat ini juga dilengkapi pengukur kelembaban tanah yang akan membuat petani bisa lebih efisien dan efektif ketika memantau pertumbuhan tanaman.

Alat akan berhenti menyiramkan air jka kelembaban tanah sudah sesuai standar.

Tanpa kenal lelah melakukan beberapa kali uji coba, Fatkhur dan Azis akhirnya mantap dengan alat temuan mereka. Untuk pembuatan stu unit alat penyiram tanaman otomatis ini dibutuhkan biaya sekitar 800 ribu rupiah.

Kini, alat penyiram tanaman otomatis buatan para siswa kelas 12 ini telah digunakan SMK Negeri 1 Ngasem untuk menyirami tanaman hidroponik di sekolah
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
12:11
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB    PROMO 4 TAHUN SEKALI! DISKON 50 PERSEN BELANJA DI GERAI.KOMPAS.ID. AKSESKLIK.KOMPAS.ID/KABISAT 2020   SEORANG WARGA BELANDA TERINFEKSI VIRUS KORONA SETELAH MELAKUKAN PERJALANAN KE ITALIA   KOREA SELATAN DARURAT KORONA, PEMERINTAH INDONESIA BUKA POS UNTUK WNI DI DAEGU   POLRES JOMBANG UNGKAP KASUS PENIPUAN DENGAN BARANG BUKTI PULUHAN KENDARAAN BERMOTOR   KETUA KPU ARIEF BUDIMAN PENUHI PANGGILAN KPK TERKAIT KASUS DUGAAN SUAP PAW DPR   KALAPAS KELAS II TANGERANG SEBUT MAYORITAS WARGA BINAANNYA TERKAIT DENGAN KASUS NARKOBA   PN JAKARTA UTARA HUKUM MATI DUA WARGA MALAYSIA YANG TERBUKTI IMPOR 30 KILOGRAM SABU KE INDONESIA   KEMENTERIAN BUMN KELOLA TAMBANG BATU BARA MILIK TERSANGKA KASUS JIWASRAYA HERU HIDAYAT YANG DISITA KEJAGUNG   MENTERI LHK SITI NURBAYA MINTA JAJARAN KEMENTERIANNYA BAIK DI PUSAT DAN DAERAH SOLID UNTUK BEKERJA SAMA   KORBAN MENINGGAL AKIBAT TERINFEKSI VIRUS KORONA DI SELURUH DUNIA HINGGA HARI INI MENCAPAI 2.858 ORANG   ARAB SAUDI TUTUP AKSES PENYEBARAN VIRUS KORONA, PULUHAN JEMAAH UMRAH INDONESIA TERTAHAN DI MALAYSIA   ANGGOTA KOMISI VIII DPR DIAH PITALOKA MINTA PEMERINTAH SOSIALISASIKAN PENANGGUHAN KEBERANGKATAN JEMAAH UMRAH