Kompas TV regional berita daerah

Kreatif! Siswa SMK Ciptakan Alat Penyiram Tanaman Otomatis

Kompas.tv - 17 Januari 2020, 21:42 WIB

KEDIRI, KOMPAS.TV - Dua orang siswa sebuah SMK di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menciptakan alat penyiram tanaman otomatis yang bisa dikendalikan lewat gawai.

Canggihnya alat penyiram tanaman ini dilengkapi indikator kelembaban tanah yang akan membantu memantau pertumbuhan tanaman.

Kesal karena tanamannya sering layu dan mati saat ditinggal bepergian, Mohammad Fatkhur dan Muhammad Azis Prasetyo.

Dua siswa SMK Negeri 1 Ngasem, Kediri, Jawa timur menciptakan alat penyiram tanaman yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Alat penyiram tanaman yang bisa bekerja otomatis ini dikendalikan oleh robot mikro yang bisa dioperasikan melalui aplikasi di ponsel pintar. Alat penyiram tanaman buatan Fatkhur dan Azis memanfaatkan layanan telegram untuk sistem pengoperasiannya.

Alat ini juga dilengkapi pengukur kelembaban tanah yang akan membuat petani bisa lebih efisien dan efektif ketika memantau pertumbuhan tanaman.

Alat akan berhenti menyiramkan air jka kelembaban tanah sudah sesuai standar.

Tanpa kenal lelah melakukan beberapa kali uji coba, Fatkhur dan Azis akhirnya mantap dengan alat temuan mereka. Untuk pembuatan stu unit alat penyiram tanaman otomatis ini dibutuhkan biaya sekitar 800 ribu rupiah.

Kini, alat penyiram tanaman otomatis buatan para siswa kelas 12 ini telah digunakan SMK Negeri 1 Ngasem untuk menyirami tanaman hidroponik di sekolah
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.