Kompas TV nasional sapa indonesia

Ini Dia Cikal Bakal Pengikut Keraton Agung Sejagat!

Kompas.tv - 17 Januari 2020, 20:56 WIB

Totok Santoso yang mengaku sebagai Raja Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah pernah memimpin Jogjakarta Development Economic Comitte pada tahun 2016.

Sebagian anggota DEC kemudian bergabung dan menjadi cikal bakal pengikut Keraton Agung Sejagat.
Jogja Development Economic Committee (DEC) yang dipimpin Totok Santoso, Raja Keraton Agung, pada tahun 2016 diklaim memiliki 10 ribu anggota
Organisasi ini bermaksud membangun desa di seluruh Yogyakarta melalui iuran anggotanya

Sri Utami adalah salah satu mantan pengikut DEC. Warga desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo, Jawa Tengah. Ia terlibat DEC antara tahun 2014 hingga 2016.

Sri tertarik bergabung karena saat itu, Totok menjanjikannya pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Selama  di DEC, Sri sering mengikuti berbagai kegiatan hingga ke luar kota dengan biaya sendiri. Selain itu, sering ada iuran dengan biaya bervariasi. Untuk mendapat seragam, Sri diminta membayar hingga 3 juta rupiah.

Dua tahun bergabung, Sri tidak juga mendapatkan apa yang dijanjikan Totok.

Pada 2016, Sri memutuskan keluar dari DEC. Beberapa kali, Sri Utami sempat ditawari masuk menjadi anggota Keraton Agung Sejagat.

Ia dimintai uang untuk membayar iuran dan juga seragam, namun Sri menolak dengan alasan kesibukannya sebagai pedagang.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.