Kompas TV kuliner cerita rasa

REVIEW ROTI GAMBANG | Masuk 50 Roti Terbaik Dunia Asli Betawi!

Kompas.tv - 23 Januari 2020, 13:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

TAN EK TJOAN salah satu merek roti tertua di Indonesia. Pendirinya, yang namanya dijadikan merek produk, Tan Ek Tjoan, adalah seorang pemuda keturunan Tionghoa. Dia merintis usaha ini di daerah Surya Kencana, Bogor pada 1921. Sejak saat itu usahanya berkembang cepat. Merk roti ini begitu populer bagi warga Jakarta dan Bogor. Saat Tan Ek Tjoan meninggal dunia pada 1950-an, istrinya meneruskan roda usaha bahkan makin maju. Phoa melebarkan sayap bisnisnya ke Jakarta. Cikini, kawasan elite yang dihuni banyak orang Belanda, jadi pilihan.

Sayangnya, setelah kurang lebih 60 tahun berjaya, toko roti jadul Tan Ek Tjoan Cikini tutup sekitar pertengahan Februari 2015. Berdasarkan keterangan sejumlah pihak, kawasan Cikini akan dibangun apartemen sehingga tanah tempat toko berdiri sudah dibeli pengembang. Pabriknya sendiri pindah ke daerah Ciputat.

Nah disini Benoe akan mencicipi roti gambang buatan pabrik roti Tan Ek Tjoan ini.

Roti gambang adalah salah satu jenis roti tradisional khas Betawi. Nama roti gambang sering disebut pula dengan sebutan kue bodeng.

Roti Gambang khas Betawi masuk dalam daftar 50 Roti Terbaik di Dunia. Roti gambang merupakan roti yang diambil dari nama alat musik tradisional Betawi, gambang kromong. Alat musik ini memadukan gamelan dengan alat musik asal China.

Roti gambang dikenal dengan cita rasanya yang manis dan enak. Tampilan bentuk dari roti gambang yakni panjang dan pipih yang mirip dengan kue lidah kucing. Sedangkan untuk tampilan  warnanya yakni coklat yang dihasilkan dari bahan gula aren yang ada di dalamnya. Cita rasa roti gambang ini memang sangat nikmat sehingga tak heran digemari mulai dari anak-anak hingga orang tua. Cemilan lezat yang satu ini memang sangat asyik untuk teman saat ngopi atau ngeteh.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x