Kompas TV klik360 cerita indonesia

Siswa Ini Temukan Alat Penyiram Tanaman yang Dikendalikan Lewat Smartphone

Jumat, 17 Januari 2020 | 11:13 WIB

KEDIRI, KOMPAS.TV - Dua orang siswa SMK Negeri 1 Ngasem, Kabupaten Kediri mampu menciptakan alat penyiram tanaman automatis yang bisa dikendalikan lewat gawai. Mereka adalah Fatkhur dan Azis. 

Mereka membuat robot penyiram tanaman yang terbuat dari mikro kontroler yang dilengkapi dengan indikator kelembapan tanah ini. dinilai efisien dan efektif untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Ide pembuatan alat tersebut muncul setelah tanaman milik Fatkhur dan Azis sering mati dan layu saat ditinggal bepergian. Dari situlah, dua siswa tersebut kemudian berinisiatif menciptakan alat penyiraman yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Alat yang terbuat dari sejumlah barang elektronik dan pipa air bekas ini, memanfaatkan layanan Telegram untuk sistem pengoperasiannya. 

Baca Juga: Montir di Kabupaten Pinrang Ciptakan Pesawat dari Barang Bekas, Bisa Terbang?

Robot pintar tersebut akan berhenti menyirami tanaman jika kelembapan tanah lebih dari 40. Menurut Fatkhur, perlu bererapa kali uji coba untuk menjadikan mesin penyiram tanaman tanpa awak ini lebih sempurna.

"Alat dan bahannya yang kami gunakan ESP8266, itu micro controller yang lagi populer saat ini," ujar Mohammad Fatkhur.

Kini alat buatan siswa kelas 12 tersebut telah digunakan pihak sekolah untuk menyirami tanaman hidroponik.

#Kediri #Inovasi

Editor : Laura Elvina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:08
KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN TERUS DORONG PEMBANGUNAN 27 KAWASAN INDUSTRI BARU   SATGAS COVID-19: PERSENTASE KASUS AKTIF DI INDONESIA TERUS MENURUN   GUGUS TUGAS COVID-19 PROVINSI BANTEN SEBUT 70 PERSEN MASYARAKAT SUDAH PATUHI PROTOKOL KESEHATAN   PANDEMI COVID-19, DINAS KESEHATAN LAMPUNG MINTA PEMBUKAAN BIOSKOP DI ZONA MERAH DIKAJI ULANG   BUPATI BOGOR ADE YASIN TEKANKAN TEMPAT WISATA WAJIB BATASI 50 PERSEN JUMLAH PENGUNJUNG   MENDAG AGUS SUPARMANTO: DAYA SAING EKSPOR PRODUK HALAL INDONESIA TERGANJAL SERTIFIKASI   KEMENTERIAN PERDAGANGAN SEBUT PENGENDALIAN IMPOR PRODUK HALAL JAGA PASAR DOMESTIK   MENAKER IDA FAUZIYAH JAMIN UU CIPTA KERJA TETAP MENYEJAHTERAKAN PEKERJA   KKP: PEMERINTAH TARGETKAN 10 PERSEN DAERAH PERAIRAN NASIONAL JADI KAWASAN KONSERVASI PADA 2030   ANTISIPASI LONJAKAN PASIEN, RSUD SOEDARSO PONTIANAK DIRIKAN TENDA DARURAT UNTUK RUANG IGD   PRESIDEN YAKIN PEREKONOMIAN INDONESIA YANG MENGALAMI KONTRAKSI AKIBAT PANDEMI AKAN SEGERA PULIH   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PANDEMI COVID-19 TAK HAMBAT UPAYA REFORMASI STRUKTURAL   KAWAL LALU LINTAS LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER, POLDA METRO JAYA KERAHKAN 749 PERSONEL   SEKDA BALI DEWA MADE INDRA MINTA SATPOL PP AWASI TEMPAT WISATA SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER