Kompas TV video cerita indonesia

Buka Suara Tentang Sosok Benny Tjokro di Kasus Jiwasraya, Dahlan Iskan: Benny Bukan Orang Bodoh

Kompas.tv - 17 Januari 2020, 08:16 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus dugaan korupsi di perusahaan BUMN PT Asuransi Jiwasraya terus menjadi perhatian publik. Nama Benny Tjokrosaputro mendadak ramai diperbincangkan. Tak terkecuali oleh mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, yang buka suara mengenai sosok Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro yang telah ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Agung bersama empat orang lainnya. Hal itu disampaikan Dahlan di laman pribadinya disway.id dengan judul Nasib Benny.

Dikutip Kompas.tv, Jumat (17/1/2020), dalam tulisannya Dahlan mengungkapkan bahwa awalnya dirinya mengira Benny Tjokrosaputro yang kemudian ditulis sebagai Bentjok akan lolos dari masalah hukum dalam kasus Jiwasraya.

"Awalnya saya berpikir Bentjok --Benny Tjokrosaputro-- pasti lolos lagi. Kali ini pun. Ternyata Kejaksaan Agung kali ini hebat. Bentjok sudah ditetapkan sebagai tersangka. Bersama empat tersangka lainnya. Dalam kasus Jiwasraya yang seru itu," tulis Dahlan.

Baca Juga: Ini Profil Benny Tjokrosaputro, Salah Satu Orang Terkaya yang Terseret Jiwasraya dan Asabri

Dalam tulisannya itu, Dahlan juga menyinggung mekanisme yang mungkin dilakukan Bentjok untuk menggunakan uang Jiwasraya. Dahlan menilai instrumennya sudah diatur agar tidak mekanggar hukum. Salah satunya melalui medium term note (MTN).

"Bahwa ia pernah memakai uang Jiwasraya ratusan miliar ia akui. Tapi, katanya, sudah lunas. Dan proses pemakaian uang itu pasti sudah ia persiapkan. Ia pasti sudah melengkapinya dengan dokumen yang rapi," kata Dahlan.

"Bentuknya pun pasti sudah diatur yang tidak melanggar hukum --menurut ia. Misalnya waktu mengeluarkan MTN --surat utang jangka menengah. Mediun term note. Itulah cara Bentjok pinjam uang secara legal. Kesalahan Jiwasraya: kok mau meminjami," jelasnya.

Tidak hanya mengenai keterkaitan Benny dan Jiwasraya yang dibahas Dahlan. Ia juga menceritakan kisah perjuangan Benny Tjokro dalam merintis bisnisnya. Tulisan lengkap Dahlan Iskan tersebut dapat dibaca dalam blog pribadinya disway.id.

#BennyTjokro #DahlanIskan #Jiwasraya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.