Kompas TV nasional sapa indonesia

Putra Mahkota Abu Dhabi Ditunjuk Jadi Dewan Pengarah Ibu Kota Baru, Ini Alasan Presiden Jokowi

Jumat, 17 Januari 2020 | 00:34 WIB

Presiden Joko Widodo mengundang investor di seluruh dunia untuk berinvestasi di ibu kota negara baru.

Jokowi ingin ibu kota baru tak hanya mendapat kucuran dana dari investor asing, tetapi juga teknologi terbaik dari sejumlah negara di dunia.

Tawaran itu disampaikan Jokowi di Forum Internasional, Abu Dhabi Sustainability Week, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Senin lalu.

"Di ibu kota negara baru, kami mengundang dunia untuk membawa teknologi terbaik, inovasi terbaik, dan kearifan terbaik," kata Jokowi, seperti kami kutip dari kompas.com, 13 Januari lalu.

Dalam acara itu, pihak Abu Dhabi menyatakan minat untuk terlibat dalam proyek pemindahan ibu kota ke Kecematan Sepaku, Kabupaten Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jokowi pun langsung menawarkan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed, masuk dalam dewan pengarah pemindahan ibu kota negara baru.

Nama lain yang juga akan masuk dalam dewan pengarah adalah Masayoshi Son, Pendiri Softbank Group.

Menko kemaritiman dan investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Softbank Jepang tertarik untuk berinvestasi dalam pengembangan infrastruktur dan teknologi di ibu kota negara baru.

Luhut Binsar Panjaitan juga menyebut, Perdana Menteri Inggris 1997 hingga 2007, Tony Blair sudah setuju bergabung dalam dewan pengarah pembangunan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur.

Tony Blair pernah ditugaskan sebagai utusan khusus Timur Tengah untuk PBB, Uni Eropa, Amerika Serikat, dan Rusia. Salah satu tugasnya adalah menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:10
WEEKEND SERU DI RUMAH! DISKON 30% ALL PRODUCTS DI GERAI.KOMPAS.ID AKSES KLIK.KOMPAS.ID/MAINDIRUMAH   PM BARU JEPANG YOSHIHIDE SUGA MASIH OPTIMISTIS GELAR OLIMPIADE PADA 2021   SEBANYAK 22 ORANG TERMASUK TARUNA MILITER TEWAS DALAM KECELAKAAN PESAWAT AU UKRAINA YANG JATUH DI DEKAT KHARKIV   SEBANYAK TIGA ORANG TEWAS AKIBAT KEBAKARAN DI GEDUNG HUAWEI DI KOTA DONGGUAN, TIONGKOK   PRESIDEN BRASIL JAIR BOLSONARO JALANI OPERASI PENGANGKATAN BATU KANDUNG KEMIH   SEBELAS PASLON BUPATI DAN WAKIL BUPATI DI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG SEPAKAT PATUHI PROTOKOL KESEHATAN   GUBERNUR BI PERRY WARJIYO SEGERA BAHAS SKEMA BERBAGI BEBAN (BURDEN SHARING) DENGAN MENKEU DALAM WAKTU DEKAT   CEGAH PENULARAN KORONA, KORLANTAS POLRI GELAR TES CEPAT BAGI SOPIR DAN KONDEKTUR BUS DI JAKARTA   PRESIDEN JOKOWI AJAK UMAT ISLAM UNTUK PERBANYAK INFAK DAN SEDEKAH DI MASA PANDEMI KORONA   PRESIDEN JOKOWI: BUTUH KERJA SAMA SELURUH MASYARAKAT UNTUK BISA MEMUTUS RANTAI PENULARAN KORONA   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN PEMERINTAH TIDAK BISA BEKERJA SENDIRIAN DALAM MENGHADAPI PANDEMI KORONA   KPK AKAN MENGEVALUASI SISTEM KEPEGAWAIANNYA PASCAMUNDUR SEJUMLAH PEGAWAI KPK   KPK MENCATAT TOTAL 157 PEGAWAINYA TELAH MENGUNDURKAN DIRI SELAMA PERIODE 2016-SEPTEMBER 2020   KPK MENDUGA KEBUN SAWIT DI PADANG LAWAS, SUMUT, MILIK NURHADI MERUPAKAN BUAH HASIL TINDAK PIDANA SUAP DAN GRATIFIKASI