Kompas TV nasional berita kompas tv

China Pastikan Tak Ada Perselisihan tentang ZEE Indonesia di Laut Natuna

Kompas.tv - 16 Januari 2020, 22:36 WIB
china-pastikan-tak-ada-perselisihan-tentang-zee-indonesia-di-laut-natuna
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD (Sumber: ACHMAD NASRUDIN YAHYA/KOMPAS.com)
Penulis : Johannes Mangihot


JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah China memastikan tidak memiliki perselisihan terkait batas wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Laut Natuna Utara.

Kepastian tersebut disampaikan Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian saat bertemu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Hal ini menggambarkan Republik Rakyat Tiongkok menghargai wilayah ZEE Indonesia di Laut Natuna Utara yang tetuang dalam konvensi United Nations Convention on The Law of The Sea (UNCLOS) 1982. 

Baca juga: Rapat di Kapal Perang, Mahfud MD: Patroli Natuna Ditingkatkan Sesuai Instruksi Presiden

Kehadiran kapal pegawas pantai di wilayah ZEE Indonesia di Laut Natuna Utara yang belakangan terjadi karena klaim nine dash line di Laut China Selatan sebagai batas teritorial laut China.

"(Dubes) China bilang Pemerintah China dan Indonesia tidak ada dispute (Perselisihan) tentara wilayahb Indonesia dan China," ujar Mahfud usai pertemuan.

Meski mengakui wilayah ZEE Indonesia, Mahfud menjelaskan pemerintah China tidak bisa melarang masyarakatnya untuk melaut. Di sisi lain Mahfud juga menegaskan kembali sikap pemerintah Indonesia dalam menjaga kedaulatan NKRI dan hak berdaulat di ZEE Indonesia. 

"Nah dialog-dialog akan terus dilanjutkan. Pihak China menyatakan kami (pemerintah China) tetap berusaha menyesuaikan diri, karena kami sudah menyuruh nelayan-nelayan kami ganti profesi jangan mencari ikan, dan sudah banyak yang ganti profesi usaha lain bukan mencari ikan," ujar Mahfud.

Baca juga: Jokowi Datang, Kapal China Tinggalkan Natuna

Mahfud menambahkan, dalam pertemuan tersebut juga sempat membahas kerjasama China dan Indonesia tidak berpengaruh dengan masalah nelayan China di Laut Natuna. Sebab, Pemerintah China, kata Mahfud, tidak memiliki perselisihan dengan Indonesia.

"Kerjasama di bidang lain yang jahu lebih banyak diteruskan, tetapi tidak akan bicara tentang Natuna Utara," ujar Mahfud.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x