HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV kuliner cerita rasa

Pengolahan Biji Kopi Toraja Kualitas Ekspor

Sabtu, 18 Januari 2020 | 19:01 WIB

PT Toarco Jaya berdiri tahun 1976 yang memproduksi kopi arabika bermutu tinggi di daerah Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Toarco adalah singkatan dari Toraja Arabica Coffee.

Seluruh hasil kopi dari kebun di Tanah Toraja akan diekspor ke Jepang. Kemudian ekspornya meluas hingga Amerika dan Australia.

Di Jepang, volume kopi Toraja yang dipasarkan Key Coffee sebenarnya tak sampai 2% dari total penjualan kopi. Meski volumenya kecil, kopinya dianggap mewah karena diolah sebagai kopi spesial dan premium.

Dengan aroma dan cita rasa yang kaya tetapi seimbang, kopi Toraja dijuluki sebagai The Queen of Coffee.

Salah satu indikator dari daerah penghasil kopi spesiality adalah berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Berada tepat di kaki Gunung Merapi, baik yang aktif maupun tak aktif. Kandungan mineral yang dihasilkan dari aktivitas Gunung Merapi berperan pada kesuburan tanah dan pada akhirnya berperan pada pertumbuhan pohon kopi.

Namun dalam kasus perkebunan kopi tanah Toraja, indikator ini justru tidak berlaku.

#KopiToraja #TorajaKalosi #KopiTorajaKalosi 

Penulis : Dian Septina



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:27
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !   HINGGA SAAT INI, SUDAH 77 ORANG TERJANGKIT VIRUS KORONA DI SINGAPURA   WTO PERKIRAKAN WABAH VIRUS CORONA AKAN MEMPERBURUK PROYEKSI LAJU PERDAGANGAN GLOBAL 2020   PRODUSEN SEPEDA MOTOR VIAR DAN BENELLI DI INDONESIA TERANCAM TIDAK BISA BERJUALAN AKIBAT WABAH VIRUS CORONA   3 DARI 78 WNI YANG MENJADI KRU KAPAL PESIAR JEPANG TERJANGKIT VIRUS KORONA   MENLU RETNO MARSUDI BERKOORDINASI DENGAN OTORITAS JEPANG DAN PERUSAHAN KAPAL PESIAR UNTUK EVAKUASI 78 WNI   BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL (BATAN) MENGKLAIM PAPARAN ZAT RADIOAKTIF DI TANGSEL TURUN 90%   KOMISIONER KPU EVI NOVIDA GINTING MANIK SEBUT ADA 5 PROVINSI BERPOTENSI MUNCULKAN CALON KEPALA DAERAH INDEPENDEN   KPU: BELUM ADA BAKAL CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR YANG MENDAFTARKAN DIRI MELALUI JALUR PERSEORANGAN   KUASA HUKUM SEKJEN SUNDA EMPIRE RANGGA SASANA, ERWIN SYAHRUDIN, AJUKAN PENANGGUHAN PENAHANAN KLIENNYA   PARTAI DEMOKRAT PERTANYAKAN PEMBENTUKAN PANSUS JIWASRAYA YANG MANDEK   MENKEU SRI MULYANI ANCAM TARIK SUNTIKAN MODAL KE BPJS KESEHATAN JIKA IURAN BATAL NAIK   KEMENSOS SEBUT 30 JUTA ORANG MAMPU MENIKMATI SUBSIDI BPJS