Kompas TV regional berita daerah

Di Tapal Batas, Prajurit TNI Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI sambil Mengajar Murid SD

Kompas.tv - 16 Januari 2020, 13:38 WIB
di-tapal-batas-prajurit-tni-menjaga-keutuhan-wilayah-nkri-sambil-mengajar-murid-sd
Prajurit TNI tampak sedang mengajar anak-anak Sekolah Dasar (SD) YPK Pengharapan Forwasi Wallay, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua. Kamis (16/1/2020). (Sumber: Pendam XVII/Cenderawasih)
Penulis : Deni Muliya

PAPUA, KOMPAS.TV - Ada aktifitas lain bagi prajurit TNI yang bertugas di perbatasan wilayah timur Republik Indonesia dengan Papua Nugini (RI-PNG).

Biasanya, prajurit TNI ini selalu sigap dengan tugasnya menjaga keamanan dan keutuhan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) di tapal batas itu.

Namun, kali ini, mereka punya aktifitas tambahan lain atas kesadarannya sendiri, yakni mengajar anak-anak di sekolah dasar (SD) setempat.

Adalah Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509/Kostrad Letkol Inf Wira Muharrohmah yang melakukan hal tersebut. 

Letkol Inf Wira Muharrohmah yang peduli pada pendidikan ini mengajar di Sekolah Dasar (SD) YPK Pengharapan Forwasi Wallay, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua. Kamis (16/1/2020).

“Saya terjun langsung untuk membantu mengajar murid-murid SD di sini,” ujar Letkol Inf Wira.

Baca Juga: Prajurit TNI AU Bantu Evakuasi Korban Banjir Jakarta

Hal tersebut sebagaimana rilis tertulis yang diterima Kompas.TV dari Kolonel Cpl Eko Daryanto, Kamis (16/1/2020).

Kapendam XVII/Cenderawasih ini mengungkapkan, prajurit TNI tidak hanya menjaga keutuhan NKRI, tapi mereka juga peduli dengan dunia pendidikan. 

"Ini merupakan wujud perhatian kami akan dunia pendidikan. Makanya kami melihat secara langsung kondisi siswa/i di sekolah itu", kata Wira.

Wira melanjutkan, dalam pantauannya selama bertugas di tapal batas, salah satu kendala yang dihadapi sejumlah sekolah yang ada di perbatasan adalah kurangnya tenaga guru atau tenaga pendidik, sehingga kegiatan pembelajaran terhambat. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x