Kompas TV internasional kompas dunia

Kebakaran Hutan Australia Mengancam Keberadaan Satwa Liar

Kamis, 16 Januari 2020 | 08:40 WIB

Kebakaran besar yang melanda Australia mengancam keberadaan satwa liar di negara benua tersebut. Sejumlah perkiraan menunjukkan sebanyak satu miliar hewan, termasuk ternak dan peliharaan, mati dalam musibah ini.

Lusinan koala yang terluka tiba di beberapa rumah sakit hewan setiap harinya. Mereka tiba dengan kondisi yang memprihatinkan. Kebanyakan satwa liar ini menderita luka bakar, cedera, inhalasi asap, dan trauma lainnya.

Dampak kebakaran hutan ini begitu besar dan belum pernah terjadi sebelumnya. Para ahli mengatakan, mereka akan turun ke lapangan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari dampak kebakaran itu.

Lusinan koala yang terluka tiba di beberapa rumah sakit hewan setiap harinya. Mereka tiba dengan kondisi yang memprihatinkan. Kebanyakan satwa liar ini menderita luka bakar, cedera, inhalasi asap, dan trauma lainnya.

Dampak kebakaran hutan ini begitu besar dan belum pernah terjadi sebelumnya. Para ahli mengatakan, mereka akan turun ke lapangan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari dampak kebakaran itu. Kebakaran hutan dahsyat menyebabkan hewan yang selamat dari kebakaran, kini dilanda kelaparan, akibat kehilangan sumber makanan.

Pemerintah menyiapkan ribuan kilogram wortel dan ubi, yang akan diberikan kepada hewan-hewan telantar, di sepanjang Pantai Selatan.

Sebelumnya, sejumlah hewan khas Australia seperti possum dan koala, dievakuasi dari kobaran api, dan ditempatkan di tenda-tenda perlindungan.

Pemerintah Australia pun berkomitmen melakukan program pemulihan satwa liar dengan mengalokasikan dana sebesar 34,58 juta dollar as, atau sekitar 470 miliar rupiah.
 

Editor : Dea Davina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:15
KPK AJUKAN BANDING ATAS VONIS BUPATI NONAKTIF SOLOK SELATAN MUZNI ZAKARIA   MENKO POLHUKAM SEBUT INDONESIA DAN AUSTRALIA PERTEGAS KERJA SAMA DI BIDANG HUKUM DAN KEAMANAN   PERIKSA CHAIRUMAN HARAHAP, KPK DALAMI SOAL PENYUSUNAN DAN PENGESAHAN ANGGARAN PROYEK KTP ELEKTRONIK   KPK PERIKSA MANTAN KETUA KOMISI II DPR CHAIRUMAN HARAHAP SEBAGAI SAKSI KASUS KTP ELEKTRONIK   KEPALA SEKRETARIAT KSP AKAN MELAPOR KE KPK SOAL PRESIDEN JOKOWI YANG MENDAPAT SEPEDA LIPAT   KEMENAG TEGASKAN DANA BANTUAN BAGI PESANTREN TIDAK BOLEH DIPOTONG   GUBERNUR DIY SULTAN HAMENGKUBUWONO X PERSILAKAN ASN UNTUK KELUAR DAERAH SAAT LIBUR PANJANG   POLRI MENGATAKAN SENJATA YANG DIDUGA DIPERJUALBELIKAN OKNUM BRIMOB BUKAN SENJATA ORGANIK ATAU DINAS   SEKRETARIS UMUM PP MUHAMMADIYAH: MAULID NABI SEBAIKNYA TIDAK ADA SEREMONIAL YANG HADIRKAN BANYAK ORANG   KUASA HUKUM BAHAR BIN SMITH SEBUT KLIENNYA BERENCANA AJUKAN PRAPERADILAN ATAS STATUS TERSANGKA BARU   POLDA JABAR TETAPKAN BAHAR BIN SMITH SEBAGAI TERSANGKA KASUS PENGANIAYAAN SECARA BERSAMA-SAMA    JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19: KEMATIAN AKIBAT VIRUS KORONA NAIK 19 PERSEN DI PEKAN KETIGA OKTOBER 2020   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MEMPREDIKSI LIBUR PANJANG AKAN BERDAMPAK PADA KENAIKAN KASUS POSITIF COVID-19   PEMKOT BEKASI, JABAR, KEMBALI IZINKAN BIOSKOP BEROPERASI DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN PEKAN INI