Kompas TV nasional kompas bisnis

Pro Kontra Pergub Pelarangan Plastik Sekali Pakai di Jakarta

Rabu, 15 Januari 2020 | 15:14 WIB

Ditargetkan efektif bulan Juli tahun ini, Peraturan Gubernur DKI Jakarta tentang penggunaan kantong belanja ramah lingkungan masih menuai polemik, kali ini dari Asosiasi Pengelola Pusat Belanja. Aturan sanksi dalam pergub dinilai asosiasi masih cukup berisiko bagi pengusaha.

Jakarta Juli nanti punya aturan baru. Untuk menekan penggunaan kantong plastik sekali pakai atau plastik kresek, pemerintah provinsi melarang penggunaan plastik kresek dan diganti dengan kantong belanja ramah lingkungan. Aturan dikeluarkan melalui Peraturan Gubernur DKI Nomor 142 tahun 2019.

Masyarakat pun menyambut baik aturan ini.

Meski sejumlah masyarakat menyambut baik peraturan ini, tapi Asosiasi Pengelola Pusat Belanja, APPBI DKI Jakarta punya pandangan berbeda. Demi lingkungan, APPBI sebenarnya mendukung aturan ini. Hanya saja ada sanksi yang tak adil, karena hanya dibebankan ke pengelola.

APPBI meminta adanya sosialisasi dan pengawasan yang ketat jika aturan ini dilakukan. Tak cuma di pusat belanja modern, pasar tradisional pun, nantinya juga harus menyubstitusi plastik kresek dengan yang ramah lingkungan. Jika melanggar sangsi denda hingga pencabutan izin juga akan diterapkan.

Yang terpenting sekarang adalah sosialisasi, terutama bagi semua masyarakat, agar tidak ngambek saat penjual tak menyediakan kresek lagi saat belanja.

Penulis : Dea Davina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:49
LUHUT BINSAR PANDJAITAN MINTA NTT PERSIAPKAN DIRI SEBAGAI LOKASI "SIDE EVENT" KTT G20 TAHUN 2022   WAPRES MA'RUF AMIN HARAP KONSUMEN INDONESIA PILIH PRODUK DALAM NEGERI DARI UMKM   MENPAN RB SERAHKAN KEBIJAKAN BEKERJA DARI RUMAH DAN KANTOR KE MASING-MASING KEMENTERIAN DAN LEMBAGA   KPK SEBUT BELUM MENERIMA LAPORAN HARTA KEKAYAAN PENYELENGGARA NEGARA (LHKPN) KSAD JENDERAL ANDIKA PERKASA   PEMKOT TANGERANG PERPANJANG PPKM BERBASIS MIKRO HINGGA 28 JUNI 2021   LONJAKAN KASUS COVID-19, PBNU MINTA UMAT BERIBADAH DI RUMAH DAN HINDARI KERUMUNAN   KEMENKES PERCEPAT VAKSINASI COVID-19 UNTUK CEGAH PENAMBAHAN KASUS COVID-19 AKIBAT VIRUS KORONA VARIAN DELTA   SATGAS TEGASKAN BIAYA PENANGANAN KIPI AKIBAT VAKSIN COVID-19 DITANGGUNG PEMERINTAH   JUBIR SATGAS: PEMERINTAH BERUPAYAH MELAKSANAKAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19 SECARA OPTIMAL   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: KORONA VARIAN DELTA BERBAHAYA, UTAMAKAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN   COVID-19 MELONJAK, JUBIR SATGAS: PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN, KITA TIDAK TAHU DI MANA POTENSI PENULARAN   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO INGATKAN MASYARAKAT PERKETAT DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN   KASUS COVID-19 DI KOMPLEKS PARLEMEN MEREBAK, DPR BATASI KEHADIRAN RAPAT DAN TIADAKAN KUNJUNGAN KERJA   SATGAS COVID-19: PEMERINTAH PERCEPAT PROSES "WHOLE GENOME SEQUENCING" PENULARAN COVID-19