HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas bisnis

Kasus Jiwasraya: Catatan Hitam Benny Tjokro dan Hanson International

Rabu, 15 Januari 2020 | 15:03 WIB

Terkait mega skandal "penjarahan" uang negara dan nasabah Jiwasraya, setelah memeriksa 98 orang saksi, Kejaksaan Agung akhirnya menetapkan lima orang menjadi tersangka.

Siapa mereka? Lalu apa kapasitasnya di kejahatan korporasi Jiwasraya? Kompas bisnis memaknai data dan angka secara sederhana soal "tersangka penjarahan Jiwasraya" ini. Mari bedah satu per satu.

Ada lima tersangka. Dua adalah konglomerat sekaligus pendiri perusahaan dan tiga lainnya berasal dari dalam tubuh Jiwasraya, sekaligus punya jabatan strategis sebagai pengambil keputusan.

Tersangka pertama adalah Benny Tjokrosaputro alias Benny Tjokro. Kegiatannya di Pasar Saham, sudah malang melintang. Ia tidak hanya mengendalikan Hanson International, tetapi merupakan Direktur Utamanya.

Baca Juga: Usai Diperiksa 5 Saksi Kasus Jiwasraya Ditahan, Termasuk Hendrisman Rahim dan Benny Tjokrosaputro

Kedua adalah Heru Hidayat, Presiden Komisaris Trada Alam Minera yang ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung.

Ketiga sampai kelima berasal dari tubuh Jiwasraya. Yaitu Hendrisman Rahim, yang merupakan Direktur Utama sejak tahun 2008 sampai 2018, kemudian Hery Prasetyo, sebagai Direktur Keuangan di periode yang sama dengan Hendrisman Rahim dan terakhir adalah Syahmirwan, yang saat itu menjabat Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya.

Apa hubungan konglomerat di atas dengan Hanson dan Trada?

Perusahaan ini tercatat di bursa efek dan menjadi "wadah" penjarahan uang Jiwasraya yang merugikan negara sekaligus nasabah.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
07:06
GELANDANG AC MILAN, HAKAN CALHANOGLU, SEBUT TIMNYA BUTUH PEMIMPIN SEPERTI ZLATAN IBRAHIMOVIC   VIRGIL VAN DIJK DAN MOHAMED SALAH CETAK GOL, LIVERPOOL MENANG 2-0 ATAS MANCHESTER UNITED   CEO INTER MILAN, GIUSEPPE MAROTTA, MENGAKUI PIHAKNYA SAAT INI TENGAH BERNEGOSIASI DENGAN AGEN CHRISTIAN ERIKSEN   MANAJER MANCHESTER UNITED, OLE GUNNAR SOLSKJAER, SEBUT CEDERA MARCUS RASHFORD PARAH DAN HARUS ABSEN CUKUP LAMA   MANAJER MANCHESTER UNITED, OLE GUNNAR SOLSKJAER, MENGAKUI TIMNYA LAYAK KALAH DALAM PERTANDINGAN MELAWAN LIVERPOOL   NEMANJA MATIC SAYANGKAN MANCHESTER UNITED TIDAK RAIH APA PUN DARI PENGUASAAN 35 MENIT AKHIR LAGA MELAWAN LIVERPOOL   DUA ANGGOTA POLISI LUKA-LUKA AKIBAT DIANIAYA OLEH MASSA SAAT AKSI UNJUK RASA DI HONG KONG   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,6 YANG BERPUSAT DI 64 KILOMETER DARI BOLAANG UKI, SULUT, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   KTT BERLIN SEPAKATI PENGHENTIAN CAMPUR TANGAN ASING DI LIBYA   KEMENTERIAN BUMN MENGAPRESIASI LANGKAH DPR MEMBENTUK PANJA TERKAIT KASUS DUGAAN KORUPSI DI JIWASRAYA   MENKES TERAWAN AGUS PUTRANTO MINTA PEMDA ANTISIPASI PENYEBARAN WABAH DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)   POLISI LAKUKAN PENYELIDIKAN UNTUK CARI PELAKU PENANAM POHON GANJA DI LAHAN HUTAN BKSDA GUNUNG GUNTUR, GARUT, JABAR   TIM GABUNGAN TNI-POLRI MUSNAHKAN 5 HEKTAR LAHAN GANJA DI MANDALIANG NATAL, SUMATERA UTARA   BNPB: AKIBAT BANJIR BANDANG YANG TERJANG JEMBATAN GANTUNG DI DESA MANAU SEMBILAN II, BENGKULU, 4 ORANG MENINGGAL