HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas bisnis

Kasus Jiwasraya: Catatan Hitam Benny Tjokro dan Hanson International

Rabu, 15 Januari 2020 | 15:03 WIB

Terkait mega skandal "penjarahan" uang negara dan nasabah Jiwasraya, setelah memeriksa 98 orang saksi, Kejaksaan Agung akhirnya menetapkan lima orang menjadi tersangka.

Siapa mereka? Lalu apa kapasitasnya di kejahatan korporasi Jiwasraya? Kompas bisnis memaknai data dan angka secara sederhana soal "tersangka penjarahan Jiwasraya" ini. Mari bedah satu per satu.

Ada lima tersangka. Dua adalah konglomerat sekaligus pendiri perusahaan dan tiga lainnya berasal dari dalam tubuh Jiwasraya, sekaligus punya jabatan strategis sebagai pengambil keputusan.

Tersangka pertama adalah Benny Tjokrosaputro alias Benny Tjokro. Kegiatannya di Pasar Saham, sudah malang melintang. Ia tidak hanya mengendalikan Hanson International, tetapi merupakan Direktur Utamanya.

Baca Juga: Usai Diperiksa 5 Saksi Kasus Jiwasraya Ditahan, Termasuk Hendrisman Rahim dan Benny Tjokrosaputro

Kedua adalah Heru Hidayat, Presiden Komisaris Trada Alam Minera yang ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung.

Ketiga sampai kelima berasal dari tubuh Jiwasraya. Yaitu Hendrisman Rahim, yang merupakan Direktur Utama sejak tahun 2008 sampai 2018, kemudian Hery Prasetyo, sebagai Direktur Keuangan di periode yang sama dengan Hendrisman Rahim dan terakhir adalah Syahmirwan, yang saat itu menjabat Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya.

Apa hubungan konglomerat di atas dengan Hanson dan Trada?

Perusahaan ini tercatat di bursa efek dan menjadi "wadah" penjarahan uang Jiwasraya yang merugikan negara sekaligus nasabah.

Penulis : Dea Davina



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
06:32
DINILAI EFEKTIF CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, KOREA SELATAN PERPANJANG MASA "SOCIAL DISTANCING" SELAMA DUA PEKAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: TIDAK ADA RENCANA PEMERINTAH BERI REMISI ATAU PEMBEBASAN BERSYARAT UNTUK KORUPTOR   PANDEMI KORONA, DINAS PARIWISATA PROVINSI BALI MENCATAT KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA ANJLOK SEKITAR 95 PERSEN   PEMPROV JATIM MENDAPATKAN SEBIDANG LAHAN DARI PERHUTANI UNTUK TEMPAT PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN POSITIF KORONA   CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, MENKUMHAM YASONNA LAOLY BANTAH LOLOSKAN NARAPIDANA KORUPSI   MENKO POLHUKAM TEGASKAN 30.000 NARAPIDANA YANG DIBEBASKAN OLEH KEMENKUMHAM BUKAN NARAPIDANA KORUPSI   WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON SEBUT PANDEMI KORONA BUKAN ALASAN UNTUK PEMBEBASAN NARAPIDANA KORUPSI   WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON TOLAK PEMBEBASAN KORUPTOR DENGAN DALIH CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   MALAYSIA SIAPKAN PUSAT KARANTINA PASIEN VIRUS KORONA BERISIKO RENDAH DI MALAYSIA AGRO EXPOSITION PARK   LAPAS MADIUN, JAWA TIMUR, BEBASKAN 34 NARAPIDANA UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   POLRI: MASYARAKAT BERKUMPUL SAAT PANDEMI COVID-19 AKAN DIBUBARKAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN WAJIBKAN PENGGUNAAN MASKER KAIN KEPADA MASYARAKAT KETIKA BERAKTIVITAS DI LUAR RUMAH   BUPATI BOGOR ADE YASIN SEBUT PASIEN POSITIF KORONA PERTAMA DI KABUPATEN BOGOR SUDAH SEMBUH   ANGGOTA KOMISI IX DPR FRAKSI PAN SALEH DAULAY DESAK PEMERINTAH PUBLIKASIKAN PETA SEBARAN VIRUS KORONA