HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas bisnis

Kasus Jiwasraya: Catatan Hitam Benny Tjokro dan Hanson International

Rabu, 15 Januari 2020 | 15:03 WIB

Terkait mega skandal "penjarahan" uang negara dan nasabah Jiwasraya, setelah memeriksa 98 orang saksi, Kejaksaan Agung akhirnya menetapkan lima orang menjadi tersangka.

Siapa mereka? Lalu apa kapasitasnya di kejahatan korporasi Jiwasraya? Kompas bisnis memaknai data dan angka secara sederhana soal "tersangka penjarahan Jiwasraya" ini. Mari bedah satu per satu.

Ada lima tersangka. Dua adalah konglomerat sekaligus pendiri perusahaan dan tiga lainnya berasal dari dalam tubuh Jiwasraya, sekaligus punya jabatan strategis sebagai pengambil keputusan.

Tersangka pertama adalah Benny Tjokrosaputro alias Benny Tjokro. Kegiatannya di Pasar Saham, sudah malang melintang. Ia tidak hanya mengendalikan Hanson International, tetapi merupakan Direktur Utamanya.

Baca Juga: Usai Diperiksa 5 Saksi Kasus Jiwasraya Ditahan, Termasuk Hendrisman Rahim dan Benny Tjokrosaputro

Kedua adalah Heru Hidayat, Presiden Komisaris Trada Alam Minera yang ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung.

Ketiga sampai kelima berasal dari tubuh Jiwasraya. Yaitu Hendrisman Rahim, yang merupakan Direktur Utama sejak tahun 2008 sampai 2018, kemudian Hery Prasetyo, sebagai Direktur Keuangan di periode yang sama dengan Hendrisman Rahim dan terakhir adalah Syahmirwan, yang saat itu menjabat Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya.

Apa hubungan konglomerat di atas dengan Hanson dan Trada?

Perusahaan ini tercatat di bursa efek dan menjadi "wadah" penjarahan uang Jiwasraya yang merugikan negara sekaligus nasabah.

Editor : Dea Davina



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:09
PEMPROV BENGKULU BUAT APLIKASI E-NGADU UNTUK BERANTAS KORUPSI, IDENTITAS PELAPOR DIRAHASIAKAN   KPK MENGAPRESIASI PEMPROV JABAR DALAM MENETAPKAN DATA PENERIMA BANTUAN SOSIA TAHAP DUA   MENDESA ABDUL HALIM ISKANDAR MENYATAKAN 97 PERSEN DESA TELAH SALURKAN BLT DANA DESA   KEMENTERIAN PPPA: PAPARAN RADIKALISME DAN AJARAN TERORISME DAPAT MEMBUAT ANAK KELIRU PAHAMI AGAMA    KEMENKES: JUMLAH ANGGARAN INSENTIF TENAGA KESEHATAN SUDAH TEREALISASI SEBESAR RP 278 MILIAR    KEMENKES KLAIM TELAH MEMBERIKAN INSENTIF PADA 166.029 ORANG TENAGA KESEHATAN    DINKES JABAR MINTA ORANGTUA UTAMAKAN PENCEGAHAN KORONA TERHADAP ANAK SELAMA MASA "NEW NORMAL"   PSBB TRANSISI, PEMPROV DKI IZINKAN GELANGGANG REKREASI DAN OLAHRAGA BEROPERASI KEMBALI MULAI 12 JULI 2020   JAM OPERASIONAL TRANSPORTASI UMUM DI KOTA TANGERANG DIPERPANJANG DARI PUKUL 20.00 WIB MENJADI 22.00 WIB   HINGGA 8 JULI 2020, DINKES KOTA BEKASI MENYATAKAN DELAPAN RW MASIH BERADA DI ZONA MERAH KORONA   9 KARYAWAN POSITIF KORONA, PABRIK PENGOLAHAN KAYU DI PROBOLINGGO, JATIM, DITUTUP & 3.600 PEKERJA DIRUMAHKAN   PEMKOT JAKTIM AKAN TANDAI HEWAN KURBAN YANG TAK LAYAK DENGAN "PYLOX" WARNA MERAH   JELANG IDUL ADHA, PEMKOT JAKTIM IMBAU WARGA TAK POTONG HEWAN KURBAN DI WILAYAH ZONA MERAH KORONA   WAPRES MA'RUF AMIN NILAI PENDIDIKAN DARING SELAMA PANDEMI TAK OPTIMAL KARENA TERKENDALA JARINGAN INTERNET