HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Presiden Jokowi Undang Seluruh Negara Berinvestasi di Kalimantan Timur

Rabu, 15 Januari 2020 | 12:11 WIB

Presiden Joko Widodo mengundang seluruh negara di dunia untuk menanamkan investasi di ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. Tawaran ini disampaikan Presiden Jokowi ketika menjadi pembicara kunci di forum internasional bertajuk Abu Dhabi Sustainability Week, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Senin (13/1) lalu.

Jokowi menyatakan, investasi di ibu kota baru akan menarik karena Indonesia ingin kawasan pemerintahan itu dibangun dengan teknologi mutakhir, juga menjadi wadah dari perkembangan inovasi dan kreativitas, namun tetap ramah lingkungan bagi masyarakat.

Tawaran investasi di ibu kota baru itu langsung menarik minat sejumlah negara. Dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo, Pemerintah Uni Emirat Arab melalui Putra Mahkota Uni Emirat Arab, Pangeran Sheikh Mohammed bin Zayed, menyatakan telah menyiapkan dana yang cukup besar untuk berinvestasi di ibu kota baru. Bak gayung bersambut, Presiden Jokowi pun meminta Putra Sheikh Mohammed bin Zayed untuk menjadi dewan pengarah dalam pembangunan ibu kota negara baru.

Sebelum bertolak ke Abu Dhabi, presiden menerima kunjungan Presiden Softbank, Masayoshi Son, di Istana Kepresidenan, Jakarta yang menyatakan ketertarikannya berinvestasi untuk pengembangan Artifical Intelligence (AI) dan pengembangan Kota Pintar di ibu kota baru. Softbank disebut akan berinvestasi jangka panjang senilai 100 miliar dolar Amerika Serikat selama 25 tahun.

Pemindahan ibu kota ke lokasi yang baru menurut rencana dimulai paling lambat pada 2024. Konstruksi awal pembangunan diharapkan dapat dimulai pada akhir 2020, sehingga dalam kurun waktu kurang dari empat tahun, ibu kota yang baru sudah terbangun.

Penulis : Dea Davina



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
07:41
DINILAI EFEKTIF CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, KOREA SELATAN PERPANJANG MASA "SOCIAL DISTANCING" SELAMA DUA PEKAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: TIDAK ADA RENCANA PEMERINTAH BERI REMISI ATAU PEMBEBASAN BERSYARAT UNTUK KORUPTOR   PANDEMI KORONA, DINAS PARIWISATA PROVINSI BALI MENCATAT KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA ANJLOK SEKITAR 95 PERSEN   PEMPROV JATIM MENDAPATKAN SEBIDANG LAHAN DARI PERHUTANI UNTUK TEMPAT PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN POSITIF KORONA   CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, MENKUMHAM YASONNA LAOLY BANTAH LOLOSKAN NARAPIDANA KORUPSI   MENKO POLHUKAM TEGASKAN 30.000 NARAPIDANA YANG DIBEBASKAN OLEH KEMENKUMHAM BUKAN NARAPIDANA KORUPSI   WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON SEBUT PANDEMI KORONA BUKAN ALASAN UNTUK PEMBEBASAN NARAPIDANA KORUPSI   WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON TOLAK PEMBEBASAN KORUPTOR DENGAN DALIH CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   MALAYSIA SIAPKAN PUSAT KARANTINA PASIEN VIRUS KORONA BERISIKO RENDAH DI MALAYSIA AGRO EXPOSITION PARK   LAPAS MADIUN, JAWA TIMUR, BEBASKAN 34 NARAPIDANA UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   POLRI: MASYARAKAT BERKUMPUL SAAT PANDEMI COVID-19 AKAN DIBUBARKAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN WAJIBKAN PENGGUNAAN MASKER KAIN KEPADA MASYARAKAT KETIKA BERAKTIVITAS DI LUAR RUMAH   BUPATI BOGOR ADE YASIN SEBUT PASIEN POSITIF KORONA PERTAMA DI KABUPATEN BOGOR SUDAH SEMBUH   ANGGOTA KOMISI IX DPR FRAKSI PAN SALEH DAULAY DESAK PEMERINTAH PUBLIKASIKAN PETA SEBARAN VIRUS KORONA