HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Maharaja dan Permaisuri Keraton Agung Sejagat Diperiksa Polisi

Rabu, 15 Januari 2020 | 09:21 WIB

Pimpinan Keraton Agung Sejagat yang sebelumnya mengaku sebagai Maharaja dan Permaisuri diperiksa polisi. Hingga saat ini, keduanya masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Purworejo.

Pasangan suami istri pimpinan Keraton Sejagat ditangkap polisi pada hari Selasa sekitar pukul 5 sore. Keterangan sejumlah saksi, keduanya ditangkap saat hendak ke Dalem Poh Agung, pusat Keraton Agung Sejagat.

Selain pimpinan Keraton Sejagat, Polisi juga memeriksa 7 orang saksi.
Hingga saat ini pihak kepolisian belum berkenan memberikan konfirmasi terkait kasus ini. Menurut rencana kedua pimpinan Keraton Sejagat ini akan dibawa ke Polda Jawa Tengah.

Sebelumnya, Kapolda Jawa Tengah menyebut, ada dua tim dari Direktorat Intelkam serta tim dari Direktorat Kriminal Umum, yang terlibat dalam penyelidikan.

Pemeriksaan awal akan difokuskan terkait legalitas pendirian, kesejarahan, dan aspek sosial masyarakat kerajaan, yang diklaim dipimpin oleh warga purworejo bernama Totok Santoso dan istrinya itu.

Pemerintah Kabupaten Purworejo menyatakan akan menutup kegiatan Keraton Agung Sejagat, karena dinilai meresahkan dan terindikasi menyimpang.

Hal ini disampaikan oleh Asisten III Setda bidang Administrasi dan Kesra Setda Purworejo Pram Prasetyo Ahmad di Kompleks Setda Purworejo. Pram juga menjelaskan pemerintah dan pihak terkait akan terus mendalami hal-hal yang mengindikasikan kegiatan Keraton Sejagad menyimpang. Bangunan Keraton juga diketahui tidak memiliki izin.

Penulis : Dea Davina



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
02:02
BUPATI JEMBER FAIDA PASTIKAN DIRI MAJU LAGI DALAM PILKADA JEMBER LEWAT JALUR PERSEORANGAN ATAU INDEPENDEN   KEMENTERIAN PUPR: KEDUA RUAS JALAN YANG AKAN DIBANGUN DI ACEH AKAN HUBUNGKAN DAERAH JANTHO-KEUMALA & GEUMPANG-PAMEU   KEMENTERIAN PUPR BAKAL MEMBANGUN DUA RUAS JALAN NASIONAL DI ACEH TAHUN INI   BASARNAS DIY: KORBAN TEWAS SUSUR SUNGAI SMPN 1 TURI SELURUHNYA PEREMPUAN   PERISTIWA TEWASNYA SISWA SAAT SUSUR SUNGAI SEMPOR, SLEMAN, KPAI DORONG POLISI LAKUKAN PENYELIDIKAN   DEPUTI BIDANG TEKNIS FORMULA E JAKARTA: ASPAL SIRKUIT MONAS BAKAL BONGKAR-PASANG, SEPERTI DI PARIS-ROMA   DEPUTI BIDANG TEKNIS FORMULA E JAKARTA: PENGASPALAN TOTAL SIRKUIT FORMULA E DI KAWASAN MONAS AKAN DIMULAI MARET   MENAKER IDA FAUZIAH AJAK PEKERJA BERI KONTRIBUSI KONSTRUKTIF UNTUK ATASI BERBAGAI PERSOALAN KETENAGAKERJAAN   GANDA PUTRI GREYSIA POLII/APRIYANI RAHAYU LOLOS KE FINAL SPANYOL MASTERS 2020   KEMENTERIAN KESEHATAN IRAN DETEKSI 10 KASUS BARU VIRUS KORONA, SATU MENINGGAL   ANGGOTA KOMISI VI DPR TOMMY KURNIAWAN: PEMERINTAH PERLU PERKUAT BASIS DATA UMKM SECARA NASIONAL   DINAS ESDM SUMBAR: TANAH YANG KELUARKAN PANAS DI PADANG AKIBAT SISTEM KABEL LISTRIK YANG BERMASALAH BUKAN PANAS BUMI   BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL (BATAN): SISTEM KESELAMATAN REAKTOR NUKLIR BATAN BERSTANDAR INTERNASIONAL   OMBUDSMAN TELUSURI DATA KEIMIGRASIAN MANTAN CALEG PDI-P HARUN MASIKU