Kompas TV regional berita daerah

Maharaja dan Permaisuri Keraton Agung Sejagat Diperiksa Polisi

Kompas.tv - 15 Januari 2020, 09:21 WIB
Penulis : Dea Davina

Pimpinan Keraton Agung Sejagat yang sebelumnya mengaku sebagai Maharaja dan Permaisuri diperiksa polisi. Hingga saat ini, keduanya masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Purworejo.

Pasangan suami istri pimpinan Keraton Sejagat ditangkap polisi pada hari Selasa sekitar pukul 5 sore. Keterangan sejumlah saksi, keduanya ditangkap saat hendak ke Dalem Poh Agung, pusat Keraton Agung Sejagat.

Selain pimpinan Keraton Sejagat, Polisi juga memeriksa 7 orang saksi.
Hingga saat ini pihak kepolisian belum berkenan memberikan konfirmasi terkait kasus ini. Menurut rencana kedua pimpinan Keraton Sejagat ini akan dibawa ke Polda Jawa Tengah.

Sebelumnya, Kapolda Jawa Tengah menyebut, ada dua tim dari Direktorat Intelkam serta tim dari Direktorat Kriminal Umum, yang terlibat dalam penyelidikan.

Pemeriksaan awal akan difokuskan terkait legalitas pendirian, kesejarahan, dan aspek sosial masyarakat kerajaan, yang diklaim dipimpin oleh warga purworejo bernama Totok Santoso dan istrinya itu.

Pemerintah Kabupaten Purworejo menyatakan akan menutup kegiatan Keraton Agung Sejagat, karena dinilai meresahkan dan terindikasi menyimpang.

Hal ini disampaikan oleh Asisten III Setda bidang Administrasi dan Kesra Setda Purworejo Pram Prasetyo Ahmad di Kompleks Setda Purworejo. Pram juga menjelaskan pemerintah dan pihak terkait akan terus mendalami hal-hal yang mengindikasikan kegiatan Keraton Sejagad menyimpang. Bangunan Keraton juga diketahui tidak memiliki izin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.