Kompas TV regional berita daerah

Maharaja dan Permaisuri Keraton Agung Sejagat Diperiksa Polisi

Rabu, 15 Januari 2020 | 09:21 WIB

Pimpinan Keraton Agung Sejagat yang sebelumnya mengaku sebagai Maharaja dan Permaisuri diperiksa polisi. Hingga saat ini, keduanya masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Purworejo.

Pasangan suami istri pimpinan Keraton Sejagat ditangkap polisi pada hari Selasa sekitar pukul 5 sore. Keterangan sejumlah saksi, keduanya ditangkap saat hendak ke Dalem Poh Agung, pusat Keraton Agung Sejagat.

Selain pimpinan Keraton Sejagat, Polisi juga memeriksa 7 orang saksi.
Hingga saat ini pihak kepolisian belum berkenan memberikan konfirmasi terkait kasus ini. Menurut rencana kedua pimpinan Keraton Sejagat ini akan dibawa ke Polda Jawa Tengah.

Sebelumnya, Kapolda Jawa Tengah menyebut, ada dua tim dari Direktorat Intelkam serta tim dari Direktorat Kriminal Umum, yang terlibat dalam penyelidikan.

Pemeriksaan awal akan difokuskan terkait legalitas pendirian, kesejarahan, dan aspek sosial masyarakat kerajaan, yang diklaim dipimpin oleh warga purworejo bernama Totok Santoso dan istrinya itu.

Pemerintah Kabupaten Purworejo menyatakan akan menutup kegiatan Keraton Agung Sejagat, karena dinilai meresahkan dan terindikasi menyimpang.

Hal ini disampaikan oleh Asisten III Setda bidang Administrasi dan Kesra Setda Purworejo Pram Prasetyo Ahmad di Kompleks Setda Purworejo. Pram juga menjelaskan pemerintah dan pihak terkait akan terus mendalami hal-hal yang mengindikasikan kegiatan Keraton Sejagad menyimpang. Bangunan Keraton juga diketahui tidak memiliki izin.

Editor : Dea Davina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:15
PANGDAM JAYA UNGKAP ACARA TABUR BUNGA YANG DIHADIRI MANTAN PANGLIMA TNI (PURN) GATOR NURMANTYO TAK DIKETAHUI PEPABRI   HINGGA 1 OKTOBER 2020, PASIEN SEMBUH COVID-19 BERTAMBAH 3.540 MENJADI 218.487 ORANG   PEMERINTAH: KASUS BARU COVID-19 SEBANYAK 4.147 PADA 1 OKTOBER 2020   KEMENKES MENCATAT 43.592 SPESIMEN KORONA DIPERIKSA HARI INI   DIPIMPIN KABARESKRIM, POLISI DAN JAKSA PENELITI GELAR PERKARA KASUS KEBAKARAN GEDUNG UTAMA KEJAKSAAN AGUNG    WAKETUM PAN VIVA YOGA MAULADI: AMIEN RAIS SUDAH TIDAK LAGI MENJADI BAGIAN DARI KELUARGA BESAR PAN   WALI KOTA TANGSEL AIRIN RACHMI DIANY INGATKAN WARGA JAKARTA YANG BERKUNJUNG KE WILAYAHNYA PATUHI PROTOKOL KESEHATAN   DISPERINAKER BADUNG, BALI, MENCATAT 532 PERUSAHAAN PARIWISATA TUTUP AKIBAT PANDEMI COVID-19   KETUA MPR MENDORONG KPU DAN PEMERINTAH KELUARKAN PERPPU PERKUAT SANKSI BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN DI PILKADA   KETUA MPR MENDORONG KPU DAN PEMERINTAH KELUARKAN PERPPU PERKUAT SANKSI BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN DI PILKADA   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: BAGI INDONESIA, VANUATU ITU MENGADA-ADA   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SEBUT PEMERINTAH BENTUK TIM INVESTIGASI GABUNGAN KASUS PENEMBAKAN PENDETA YEREMIA   JUBIR WAPRES MINTA POLISI UNGKAP MOTIF PELAKU PENYEBAR KOLASE FOTO WAKIL PRESIDEN MA'RUF AMIN   POLISI TANGKAP 2 ORANG DALAM KASUS PENYERANGAN ACARA MIDODARENI DI SOLO, JAWA TENGAH