Kompas TV regional berita daerah

Inilah Sosok Pemimpin Keraton Agung Sejagat

Selasa, 14 Januari 2020 | 19:15 WIB

Purworejo - KOMPAS TV - Warga di Desa Pogung Jurutengah, Bayan, Purworejo, Jawa Tengah, mengaku resah atas kemunculan sekelompok orang yang menamakan diri sebagai Keraton Agung Sejagat.

Warga resah karena kelompok tersebut mengklaim diri mereka sebagai kerajaan baru setelah 500 tahun berakhirnya imperium Majapahit.
Berdasarkan informasi, anggota Keraton Agung Sejagat ini diklaim mencapai sekitar 450 orang. 

Nama Totok tidak bisa dilepaskan dari kelompok Keraton Agung Sejagat.

Dia diklaim sebagai pemimpin kelompok tersebut dan memiliki istri yang bernama Dyah Gitarja yang sering dipanggil Kanjeng Ratu. 

Totok mengklaim bahwa dirinya merupakan Rangkai Mataram Agung yang menjadi juru damai dunia. 

"Kita umumkan pada dunia bahwa Keraton Agung Sejagat sebagai induk daripada seluruh Kingdom State Tribune Koloni yang ada di seluruh dunia ini, menyatakan sebagai juru damai terhadap konflik yang terjadi di seluruh dunia," ungkapnya dalam video yang beredar di media sosial.

Lalu, salah satu yang mencolok dari keberadaan keraton tersebut adalah sebuah kolam yang sangat disakralkan oleh kelompok tersebut. Selain itu, di dalam bangunan tersebut tampak ada sebuah batu prasasti bertuliskan huruf Jawa. Dari penulusuran Kompas.com, di sebelah kiri prasasti ada tanda dua telapak kaki dan di bagian kanan ada semacam simbol. Prasasti itu disebut dengan Prasasti I Bumi Mataram.

Editor : Haris Mahardiansyah



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:26
POLSEK KEMAYORAN GELAR "RAPID TEST" COVID-19 SETELAH SATU ANGGOTANYA POSITIF TERINFEKSI KORONA   SATGAS PENANGANAN COVID-19: KASUS BARU VIRUS KORONA BERTAMBAH 2.473 DALAM 24 JAM TERAKHIR   KEMLU SEBUT KBRI DI BEIRUT BERI BANTUAN LOGISTIK PASCA-LEDAKAN DI LEBANON   KEMENLU SEBUT ADA 5 WNI YANG DITANGKAP DI MALAYSIA KARENA MEMBAWA 230 KILOGRAM GANJA   KUASA HUKUM HADI PRANOTO, ANGGA BUSRA, SEBUT KLIENNYA SIAP PENUHI PANGGILAN POLDA METRO JAYA   DITLANTAS POLDA METRO JAYA AKAN TILANG PELANGGAR GANJIL-GENAP MULAI SENIN, 10 AGUSTUS 2020   PEMKOT CIMAHI, JAWA BARAT, DITUTUP SELAMA 3 HARI SETELAH EMPAT ASN POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   POLRESTABES SURABAYA TANGKAP GILANG TERKAIT KASUS DUGAAN PELECEHAN SEKSUAL DI JALAN CILIK RIWUT, KAPUAS, KALTENG   TERSANGKA KASUS PELARIAN BURON DJOKO TJANDRA, ANITA KOLOPAKING PENUHI PANGGILAN BARESKRIM POLRI   PEMKOT SURABAYA PERCEPAT PERBAIKAN STADION GELORA BUNG TOMO SESUAI STANDAR FIFA UNTUK PIALA DUNIA U-2020   HADI PRANOTO LAPORKAN KETUA CYBER INDONESIA MUANNAS ALAIDID KE POLDA METRO JAYA ATAS TUDUHAN PENCEMARAN NAMA BAIK   MENLU RETNO MARSUDI HUBUNGI MENLU AS MIKE POMPEO BAHAS KERJA SAMA VAKSIN KORONA DAN INVESTASI PERDAGANGAN   MENLU SEBUT PERWAKILAN INDONESIA DI INDIA AKAN DAMPINGI WNI YANG MENDAPAT PUTUSAN UNTUK BAYAR DENDA   MENTERI LUAR NEGERI RETNO MARSUDI: 431 WNI JAMAAH TABLIG DI INDIA DIDENDA BERKISAR ANTARA 5.000-10.000 RUPEE