Kompas TV video cerita indonesia

4 Kerjasama BUMN dengan Perusahaan Uni Emirat Arab

Kompas.tv - 14 Januari 2020, 17:50 WIB

Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheiks Mohamed Bin Zayed membawa angin segar bagi beberapa perusahaan BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, dari pertemuan tersebut tiga perusahaan BUMN mendapat untung karena bisa bekerja sama dengan perusahaan berskala internasional.

Dari pertemuan itu, Pertamina bisa bekerja sama dengan ADNOC. ADNOC sendiri memiliki cadangan minyak terbesar nomor tujuh di dunia.

Lalu, Pertamina juga bekerjasama dengan Mubadala Petroleum. Perusahaan tersebut bergerak di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas hulu yang terkemuka. 

Selanjutnya, Inalum menjalin kerja sama dengan Emirates Global Aluminium (EGA). Perusahaan itu merupakan produsen aluminium premium terbesar di dunia.

PLN bekerjasama dengan Masdar yang merupakan perusahaan energi baru terbarukan (EBT) berbasis di Abu Dhabi dalam pembangunan PLTS Terapung di Waduk Cirata, Jawa Barat. Pembangkit ini akan menjadi PLTS terbesar di Asia Tenggara. 

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Mohamed bin Zayed juga menyaksikan pertukaran 16 perjanjian kerja sama antara delegasi Indonesia dan UEA.

“Saya sangat sambut baik, hari ini 16 perjanjian kerja sama dapat dilakukan,” kata Presiden Jokowi.
Adapun perjanjian kerja sama tersebut terdiri atas lima perjanjian antarpemerintah di bidang keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan penanggulangan terorisme. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x