Kompas TV regional berita daerah

Demam Tinggi, Kepala Suku Kanum Dapat Pengobatan Langsung dari TNI

Kompas.tv - 14 Januari 2020, 16:24 WIB
demam-tinggi-kepala-suku-kanum-dapat-pengobatan-langsung-dari-tni
Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW memberikan pelayanan kesehatan kepada Kepala Suku Kanum di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Senin (13/1/2020). (Sumber: Dok. Pendam XVII/Cendrawasih)
Penulis : Wayan Astaphala

MERAUKE, KOMPAS.TV - Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad memberikan pelayanan kesehatan kepada Kepala Suku Kanum yang sedang mengalami demam tinggi di RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke pada Senin (13/01/2019).

Mulanya, anggota Pos Yakyu mendapat laporan dari masyarakat bahwa Kepala Suku Kanum, Dominggus Mayua, sedang mengalami demam tinggi. 

Menindaklanjuti laporan tersebut, Komandan Pos Yakyu Letda Inf I Komang Adhi bersama Tim Kesehatan Pos Yakyu segera menuju rumah Dominggus Mayua yang berjarak sekitar 200 meter dari pos. 

Baca Juga: Pemkab Merauke Jajaki Ekspor Beras ke Papua Nugini

Setibanya di rumah kepala suku Tim Kesehatan Pos Yakyu, Pratu Suparyadi dan Pratu Isdar segera melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan dan memberikan obat-obatan.

Di sela-sela kegiatan, Danpos Yakyu mengatakan bahwa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berada di sekitar pos merupakan tugas tambahan bagi Satgas selain mengamankan dan menjaga perbatasan RI-PNG.

"Apa yang kami lakukan ini merupakan wujud sinergitas antara TNI dengan instansi kesehatan setempat, di mana kita semua saling membantu dan bekerja sama untuk mengatasi kesulitan masyarakat perbatasan khususnya di bidang pelayanan kesehatan,” kata Danpos.

Baca Juga: TNI Kerahkan Pesawat F-16 Hingga Kapal Perang di Perairan Natuna

Selain itu, Danpos menambahkan seluruh anggota pos sudah sangat dekat dengan masyarakat dan akan selalu membantu apabila diperlukan.

“Seluruh anggota Pos Yakyu sudah sangat dekat dengan masyarakat sehingga jika ada permasalahan masyarakat seperti ada yang sakit, tim kesehatan yang ada di pos akan segera membantu dengan persediaan obat-obatan dan alat kesehatan yang ada,” tambah Danpos.

Sementara itu, Dominggus Mayua yang mendapat pengobatan dari Satgas menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI karena telah bersedia datang ke rumah serta memberikan pelayanan kesehatan untuknya.

"Terima kasih bapak-bapak TNI karena telah memberikan pelayanan kesehatan kepada saya. Mudah-mudahan kondisi kesehatan saya segera membaik setelah diberi obat.” Ucap Kepala Suku Kanum Dominggus Mayua.

#tni #perbatasan #papua



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.