Kompas TV kuliner cerita rasa

REVIEW CARA MEMBUAT DOROKDOK | Makanan Khas dari Garut

Kompas.tv - 16 Januari 2020, 13:02 WIB
Penulis : Krisna Aditomo | Editor : Reny Mardika

Kabupaten Garut, Jawa Barat - ternyata tak hanya dikenal dengan domba, jaket kulit, jeruk, serta dodol. Garut juga memiliki beragam makanan khas yang unik dan menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah kerupuk kulit dorokdok.

Dorokdok adalah salah satu jenis makanan berbahan dasar kulit kerbau. Cara pembuatan kerupuk kulit dorokdokpun ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Proses pembuatan kerupuk renyah ini melewati beberapa tahap dan memerlukan waktu berhari-hari, serta sangat bergantung pada cuaca.
 
Tahapan pembuatan kerupuk kulit dorokdok diawali dengan pemilihan kulit mentah, yang berasal dari kerbau berusia muda. Alasannya, selain lebih mudah dalam pengolahannya, rasa kerupuk kulit yang akan didapat pun lebih enak. Kulit mentah pertama-tama ditaburi garam dan didiamkan selama satu atau dua hari.

Selanjutnya kulit kerbau yang sudah digarami dibilas sampai bersih, hingga rasa kulit mentah menjadi tawar.  Kulit mentah kemudian ditiriskan hingga kering. Proses selanjutnya, bulu-bulu yang menempel pada kulit dibersihkan dengan cara dibakar.

Setelah bersih dari bulu-bulu, kulit kembali direndam selama satu malam. Proses selanjutnya, kulit direbus hingga setengah matang sambil diberikan bumbu dan rempah-rempah, serta gula merah sesuai takaran. Setelah itu, kulit mentah dipotong-potong menjadi ukuran kecil dan dijemur hingga kering.

Setelah benar-benar kering, barulah kerupuk kulit bisa digoreng. Bila kulit kerbau benar-benar kering, hasil yang akan didapatpun maksimal. Kerupuk bisa mengembang. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.