Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Cerita Pasar Baru, Primadona Pusat Belanja yang Mulai Pudar

Selasa, 14 Januari 2020 | 14:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sempat jadi primadona tempat belanja di Ibu Kota, saat ini daya tarik Pasar Baru sebagai pusat belanja tertua mulai memudar. 

Apalagi sudah banyak mall baru dan belanja daring. 

Namun pesona Pasar Baru tetap menarik sebagian warga untuk kembali berbelanja di sini.

Lebih dari 80 tahun berdagang di Pasar Baru, Pappu adalah salah satu saksi sejarah eksistensi pasar baru sejak 1928 bersama orang tuanya.

Keluarganya bahkan sudah berpindah  tempat jualan tiga kali di lingkungan Pasar Baru

Jika dulu bersama orang tua, tokonya menyediakan alat olahraga dan musik sampai pernak pernik baju, kini Pappu hanya fokus menjual alat musik saja.

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak pusat belanja yang bermunculan, mall sampai tempat belanja  online menjadi saingan berat Pasar Baru.

Pria berusia 66 tahun ini bercerita, jumlah pengunjung dan omset memang cukup turun drastis kalau saat era jaya Pasar Baroe, Pappu bahkan sulit berisitirahat karena toko padat pembeli, kini justru sebaliknya.

Kata Pappu, era jaya Pasar Baru ada pada tahun 70-80-an.

Dulunya kondisi Pasar Baru beda dengan sekarang, lebih rapi dan ada trotoar membuat konsumen yang membawa mobil nyaman berbelanja disana.

Tapi dengan kondisi yang berbeda, membuat segmen konsumen Pasar Baru juga berubah. 

Kalau dulu para kaum necis yang belanja di Pasar Baru, kini bergeser ke kelas menengah.

Keramian Pasar Baru juga sudah mulai berkurang sejak tahun 1985-an.

Saingan Pasar Baru boleh terus bertambah, tapi tidak mengurangi minat para pedagang baru melapak di Pasar Baru

Contonya Lakhmi yang baru membuka toko pakaian ala bolywoodnya setahun belakangan.

Jika diperhatikan, jarang sekali melihat generasi muda lalu lalang di Pasar Baru

Kebanyakan dari mereka adalah para ibu-ibu yang memilih belanja disini.

Sebagai penjual lama seperti Pappu, dia hanya berharap Pasar Baru bisa dibenahi lebih rapi tanpa menghilangkan estetika Pasar Baru tempo dulu.

Hal ini untuk memberi ciri khas bagi Pasar Baru agar tetap bertahan sebagai pusat belanja sekaligus pusat wisata di Ibu Kota.

Tidak ingin menyalahkan pergeseran zaman, baik Pappu sebagai penjual lama dan Lakhmi penjual baru juga mulai aktif berjualan melalui online jadi tidak hanya fokus di toko offline mereka Pasar Baru.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:16
WEBINAR MENULIS, MENERBITKAN, DAN MEMASARKAN BUKU BERSAMA EKO PRABOWO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID    PM INGGRIS BORIS JOHNSON SEBUT PEMBUKAAN SEKOLAH PADA AWAL SEPTEMBER 2020 SEBAGAI PRIORITAS NASIONAL   PM INGGRIS BORIS JOHNSON MINTA SEKOLAH DIBUKA KEMBALI PADA SEPTEMBER 2020   IMBAS DARI SANKSI AS, PRODUKSI "CHIPSET" UNTUK PONSEL HUAWEI AKAN BERHENTI 15 SEPTEMBER 2020   BPBD: JUMLAH BENCANA ALAM PADA PERIODE 1 JANUARI HINGGA 9 AGUSTUS 2020 MENCAPAI 1.771 KEJADIAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI OPTIMISTIS PROYEK PELABUHAN PATIMBAN DI SUBANG, JABAR, TAHAP I BISA SELESAI PADA OKTOBER 202   UNJUK RASA PADA 14 & 16 AGUSTUS DI GEDUNG DPR BERTUJUAN AGAR PEMBAHASAN “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA DIHENTIKAN   KELOMPOK MASYARAKAT SIPIL AKAN MELAKUKAN UNJUK RASA PADA 14 & 16 AGUSTUS 2020 DI DEPAN GEDUNG DPR   POLISI SEBUT TERSANGKA KASUS FETISH KAIN JARIK MENGAKU ADA 25 ORANG YANG JADI KORBAN SEJAK 2015 HINGGA SAAT INI   BPBD JEMBER: SEORANG PELAJAR SMAN TENGGARANG YANG JATUH DI GUNUNG PIRAMID DITEMUKAN MENINGGAL DUNIA HARI INI   BASARNAS: OPERASI PENCARIAN WARGA AS YANG HILANG DI TELUK AMBON DIPERLUAS HINGGA 400 METER   PEMKAB PONOROGO TUTUP SEMENTARA PUSKESMAS WRINGINANOM SELAMA 10 HARI KE DEPAN KARENA EMPAT PEGAWAI POSITIF KORONA   PSBB DI TANGERANG RAYA KEMBALI DIPERPANJANG DUA PEKAN KE DEPAN HINGGA 22 AGUSTUS 2020   KEMDIKBUD ALOKASIKAN DANA SEBESAR RP 405 MILIAR UNTUK PENANGANAN KORONA