Kompas TV religi beranda islami

Masjid Rahmat Surabaya

Selasa, 14 Januari 2020 | 19:33 WIB

Tadinya masjid yang berlokasi di kawasan Kembang Kuning Surabaya ini merupakan sebuah langgar kecil yang berbahan material bambu. Konon pendirian bangunan Langgar yang pertama kali didirikan Sunan Ampel ini hanya memakan waktu pendirian satu malam saja, hingga dinamakan Langgar Tiban, usianya pun diyakini lebih tua dari Masjid Jami Paneleh.

Keunikan lain masjid Rahmat adalah memiliki arah sholat atau qiblat yang langsung tepat mengahadap Kabah di Makkah. Masjid inipun kerap menjadi acuan waktu sholat bagi masjid lain di sekitarnya.  Arsitekturnya yang unik seperti bentuk ornamen semanggi dengan 5 lengkungan terdapat pada mihrab, teras serta di pagar dan pintu gerbang yang melambangkan 5 Rukun Islam.

Radio Yasmara (Yayasan Masjid Rahmat) adalah salah satu penopang kegiatan masjid yang dengan konsisten menyiarkan acara-acara keagamaan yang dirasakan bermanfaat bagi masyarakat. Radio yang kini berada di gelombang AM ini juga konsisten mengawal jadwal sholat bagi para pendengarnya bahkan panduan jadwal sholat berupa syair, sholawat dan pembacaan ayat suci Al Quran hingga Adzan ini pun telah di relay oleh radio sejawa timur dan serta menyiarkan kegiatan kuliah subuh secara langsung dari Masjid Rahmat.

Editor : Agung Pribadi



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:57
DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN   KETUA DPR PUAN MAHARANI MINTA PRODUK HUKUM ZAMAN KOLONIAL DIGANTI   BAWASLU KOTA MANADO SEBUT 1.424 ORANG BELUM TERDAFTAR SEBAGAI PEMILIH PADA PILKADA 2020   KADIS KESEHATAN JABAR SEBUT 40 PEGAWAI GEDUNG SATE SEMBUH DARI COVID-19   KOMISI KEJAKSAAN AKAN PANGGIL OKNUM PETINGGI KEJAKSAAN YANG DIDUGA MENELEPON DJOKO TJANDRA   PRESIDEN JOKOWI: JANGAN SIA-SIAKAN PELAJARAN YANG DIBERIKAN KRISIS COVID-19   HADAPI PANDEMI COVID-19, PRESIDEN JOKOWI MINTA REFORMASI DI SEKTOR KESEHATAN DIPERCEPAT   PRESIDEN JOKOWI SEBUT "FOOD ESTATE" DIBANGUN UNTUK PERKUAT CADANGAN PANGAN NASIONAL   PRESIDEN JOKOWI MINTA PILKADA 2020 TETAP BERJALAN DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN    PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN PEMERINTAH TIDAK MAIN-MAIN DENGAN UPAYA PEMBERANTASAN KORUPSI   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH PERBANYAK BANTUAN SOSIAL DAN STIMULUS BAGI PELAKU USAHA   KETUA DPR PUAN MAHARANI SEBUT RAKYAT MENUNTUT PEMERINTAH BEKERJA SIGAP DAN TERPADU TANGANI COVID-19   PRESIDEN JOKOWI MINTA TIDAK ADA YANG MERASA PALING AGAMIS DAN PANCASILAIS