Kompas TV religi beranda islami

Masjid Rahmat Surabaya

Selasa, 14 Januari 2020 | 19:33 WIB

Tadinya masjid yang berlokasi di kawasan Kembang Kuning Surabaya ini merupakan sebuah langgar kecil yang berbahan material bambu. Konon pendirian bangunan Langgar yang pertama kali didirikan Sunan Ampel ini hanya memakan waktu pendirian satu malam saja, hingga dinamakan Langgar Tiban, usianya pun diyakini lebih tua dari Masjid Jami Paneleh.

Keunikan lain masjid Rahmat adalah memiliki arah sholat atau qiblat yang langsung tepat mengahadap Kabah di Makkah. Masjid inipun kerap menjadi acuan waktu sholat bagi masjid lain di sekitarnya.  Arsitekturnya yang unik seperti bentuk ornamen semanggi dengan 5 lengkungan terdapat pada mihrab, teras serta di pagar dan pintu gerbang yang melambangkan 5 Rukun Islam.

Radio Yasmara (Yayasan Masjid Rahmat) adalah salah satu penopang kegiatan masjid yang dengan konsisten menyiarkan acara-acara keagamaan yang dirasakan bermanfaat bagi masyarakat. Radio yang kini berada di gelombang AM ini juga konsisten mengawal jadwal sholat bagi para pendengarnya bahkan panduan jadwal sholat berupa syair, sholawat dan pembacaan ayat suci Al Quran hingga Adzan ini pun telah di relay oleh radio sejawa timur dan serta menyiarkan kegiatan kuliah subuh secara langsung dari Masjid Rahmat.

Penulis : Agung Pribadi





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:14
KEJAKSAAN AGUNG AKAN LELANG ASET SITAAN KASUS KORUPSI JIWASRAYA DAN ASABRI DALAM WAKTU DEKAT   GUBERNUR JAWA TIMUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA SERAHKAN SEMUA PROSES HUKUM BUPATI NGANJUK KE KPK   SATU ORANG TEWAS DALAM PENEMBAKAN DI BANDARA VANCOUVER, KANADA   PBNU MINTA PEMERINTAH SEGERA AMBIL LANGKAH DIPLOMATIS SOAL PALESTINA   WAMENAG ZAINUT TAUHID SA’ADI: TINDAKAN NEGARA ISRAEL KEJI DAN MELANGGAR HAM   JELANG IDUL FITRI, SATPOL PP JAKARTA BARAT AKAN FOKUS CEGAH KERUMUNAN DI KAWASAN KOTA TUA   HUMAS TMII: TMII BATASI PENGUNJUNG HANYA 30 PERSEN SAAT LIBUR LEBARAN   POLRESTA CIREBON PUTAR BALIKKAN 6.000 PEMUDIK SEPEDA MOTOR PADA MINGGU MALAM HINGGA SENIN DINI HARI   SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT SILATURAHMI LEBARAN DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI VIRTUAL   GUBERNUR SULTENG SALURKAN 1.000 PAKET PANGAN UNTUK WARGA KURANG MAMPU   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP PERUM BULOG TERUS MELAKUKAN ADAPTASI TERHADAP PERKEMBANGAN ZAMAN   SEKJEN KEMNAKER ANWAR SANUSI MINTA KEPADA PEKERJA LAPORKAN PELANGGARAN PEMBAYARAN THR KE POSKO THR TERDEKAT   KEMENAG: SHALAT IDUL FITRI DI MASJID HANYA UNTUK ZONA HIJAU DAN KUNING   PVMBG IMBAU WARGA DAN WISATAWAN UNTUK TIDAK MENDEKAT KE ZONA BAHAYA GUNUNG SINABUNG