Kompas TV kuliner cerita rasa

Sebelum Panen Kopi, Ini Ritual yang Dilakukan Warga Flores

Selasa, 14 Januari 2020 | 19:01 WIB

Adi Taroepratjeka berada di Desa Rende Nao, Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur untuk melihat upacara adat Kolo Kabe.

Sirih pinang, beras, biji kopi, adalah hasil bumi yang harus disiapkan saat melaksanakan tradisi. Seekor ayam menjadi wujud pengucapan syukur pada leluhur atas panen yang warga peroleh, serta memohon pada sang pencipta agar kebun kopi milik mereka memperoleh hasil yang memuaskan. 

Acara tradisi yang dilakukan warga Manggarai ini dilakukan di setiap kebun kopi milik warga. Ritual penti terus dipertahankan sampai sekarang.

Masyarakat percaya jika mereka lalai menyelenggarakan tradisi ini akan terkena suatu musibah atau nasib buruk.

Kopi yang ditanam di daerah Manggarai adalah kopi jenis arabika dan robusta. Dengan masa panen kopi arabika dari Mei hingga Juli setiap tahunnya.

Kopi diperkirakan mulai masuk ke Flores pada abad ke-16 melalui Larantuka. Saat itu pedagang Portugis tiba di ujung timur Pulau Nipa dan melihat keindahan taman bawah laut Larantuka. Warga Flores kemudian menyebutnya Cabo The Flores atau tanjung bunga.

#TradisiWargaFlores #KopiFlores #RitualPanan

Penulis : Dian Septina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:38
GELANDANG TIMNAS SKOTLANDIA BILLY GILMOUR POSITIF TERINFEKSI COVID-19 JELANG MELAWAN KROASIA DI EURO 2020   WHO SEBUT VARIAN DELTA DARI COVID-19 AKAN MENJADI JENIS YANG DOMINAN SECARA GLOBAL   PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR (PLTN) MILIK IRAN DI BUSHEHR DITUTUP SEMENTARA SETELAH MENGALAMI MASALAH TEKNIS   WAKIL BUPATI KENDAL, JAWA TENGAH, WINDU SUKO BASUKI, POSITIF TERINFEKSI COVID-19   PENGETATAN PPKM, SELURUH OBYEK WISATA DI PURBALINGGA, JATENG, DITUTUP TOTAL SELAMA SEPEKAN   POLRI-TNI TERJUNKAN 600 PERSONEL BANTU PENANGANAN COVID-19 DI KUDUS, JAWA TENGAH   PEMKOT MAGELANG SEWA HOTEL UNTUK MENAMBAH TEMPAT ISOLASI/KARANTINA PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA   SEBANYAK 106 ASN DI SALATIGA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   PPDB SMA DI JAWA TENGAH DIBUKA HINGGA 24 JUNI 2021   SEBANYAK 18 ORANG MENGGUGAT JULIARI BATUBARA MENUNTUT GANTI RUGI PEMBERIAN BANSOS SEBESAR RP 16,2 JUTA   POLISI AKAN SEKAT SEJUMLAH JALAN LAIN YANG MENJADI TEMPAT WARGA BERKERUMUN DI JAKARTA   KABARESKRIM POLRI IRJEN AGUS ANDRIANTO: PASPOR ADELIN LIS DENGAN NAMA HENDRO LEONARDI TERBIT PADA 2017   KOMISI V DPR MINTA KEMENHUB PERKETAT REGULASI TRANSPORTASI GUNA CEGAH PENULARAN COVID-19   KEGIATAN DI TEMPAT IBADAH DITIADAKAN SELAMA MASA PENGUATAN PPKM MIKRO 22 JUNI SAMPAI 5 JULI 2021