Kompas TV video cerita indonesia

Pakar Hukum: Masalah Indonesia Vs China di Natuna Gak Akan Selesai Sampai Kiamat...

Kompas.tv - 13 Januari 2020, 11:11 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar hukum internasional dari Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana menilai persoalan saling klaim antara Indonesia dan China di Perairan Natuna tidak akan pernah selesai meski kiamat datang.

"(Inilah) kenapa masalah ini tidak akan pernah selesai hingga akhir zjaman," kata Hikmahanto dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2020).

Baca Juga: Beda Sikap Luhut Pandjaitan, Prabowo Subianto, Hingga Mahfud MD Soal Natuna

Hal itu disebabkan karena baik Indonesia atau China sama-sama tidak saling mengakui klaim wilayah kedaulatan di wilayah tersebut. Belakangan, hubungan kedua negara ini sempat memanas akibat aktivitas coast guard dan nelayan China di wilayah Laut Cina Selatan atau yang disebut Indonesia sebagai Laut Natuna Utara.

Dalam hal ini, China mengklaim, wilayah perairan itu termasuk ke dalam kawasan nine-dash line milik mereka yang didasarkan pada jalur pemancingan nelayan tradisional China pada sekitar tahun 1940-an.

Sedangkan, Indonesia berpedoman pada hasil Konvensi Hukum Laut Internasional (UNCLOS) 1982, yang tidak mengakui klaim China tersebut.

#China #Natuna #Indonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.