Kompas TV video cerita indonesia

Kecanggihan Helikopter Caracal yang Dicek Jokowi, Tapi Nggak Punya AC

Kompas.tv - 12 Januari 2020, 15:11 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

Presiden Joko Widodo mengecek Helikopter Caracal sebelum bertolak ke Abu Dhabi di Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma pada Minggu, 12 Januari 2020 pagi.Lalu, apa kecanggihan Helikopter Caracal ini?

Helikopter berjenis EC-725 AP/Caracal merupakan helikopter angkut sedang serbaguna buatan Airbus Helicopters Prancis. Helikopter tersebut memiliki panjang 19,5 meter dan mampu memuat 2.200 kilogram beban.

Baca Juga: Saat Jokowi Cek Caracal Alternatif Pengganti Helikopter Kepresidenan

Helikopter ini mampu diawaki hingga 6 orang dan memiliki kecepatan naik 1.670 kaki/menit dengan kecepatan maksimum 175 knots atau setara 324 km/jam dan kecepatan jelajah 152 knots atau 281,5 km/jam. Helikopter Caracal mampu terbang dengan ketinggian 25.000 kaki dengan jarak jelajah maksimum 526 nautical mile.

Namun, menurut Marsekal Pertama Eding Sungkana - Danlanud Atang Sendjaja sebenarnya helikopter ini masih harus ditingkatkan dalam hal kenyamanan jika ingin dijadikan helikopter VVIP karena tidak ada AC.

Helikopter berjenis Caracal ini merupakan heli alternatif bagi presiden atau VVIP ketika Heli Kepresidenan masih dalam proses perawatan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x