HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas pagi

Pemerintah Akan Kirim Nelayan Pantura ke Natuna, Apa Alasannya?

Minggu, 12 Januari 2020 | 14:05 WIB

Intensitas ketegangan di Natuna mengendur setelah dua kapal penjaga pantai China yang mengawal nelayan mengambil ikan di zona eksklusif Indonesia meninggalkan Laut Natuna Utara.

Kapal-kapal China meninggalkan wilayah Indonesia setelah kedatangan Presiden Joko Widodo di Perairan Natuna. Di Natuna, presiden menegaskan Natuna adalah Wilayah Kedaulatan Indonesia.

Patroli Operasi Siaga Tempur 2020 untuk mengamankan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia terus digelar tanpa batas waktu. Patroli dipimpin Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksamana Madya Yudo Margono.

Pengamanan dilakukan lewat udara dan laut dengan kondisi siaga. Ada enam kapal yang dikerahkan angkatan laut untuk menjaga Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia.

Untuk menunjukkan pada dunia bahwa perairan Natuna milik Indonesia, pemerintah berencana mengerahkan nelayan dari Pantai Utara Jawa ke Perairan Natuna. Menurut Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Perairan Natuna layaknya rumah kosong dan penghuninya marah ketika ada orang yang datang.

Sementara itu, nelayan lokal di Natuna keberatan terhadap rencana pemerintah mengirim nelayan dari Pantai Utara Jawa untuk mencari ikan di Perairan Natuna. Nelayan Natuna mengaku alat tangkap mereka sederhana, sehingga tidak bisa bersaing dengan alat tangkap nelayan dari daerah lain yang lebih modern.

Jika pemerintah tetap mengirim nelayan Pantura, nelayan Natuna akan meminta pemerintah mengganti kapal mereka dengan kapal berukuran lebih besar yang dilengkapi alat tangkap ikan yang lebih modern.

Terkait Natuna, Pemerintah Tiongkok melalui juru bicara Menteri Luar Negerinya Geng Suang menyatakan, komunikasi secara diplomatik telah dilakukan dengan Pemerintah Indonesia. Tiongkok menyatakan Indonesia merupakan mitra strategis.Dengan hubungan yang selama ini terjalin persahabatan dan kerja sama antar kedua negara menjadi hal yang dikedepankan Tiongkok.

Presiden menegaskan, tidak ada tawar-menawar berkaitan teritorial dan kedaulatan negara. Perairan Natuna berada di kawasan dengan sumber daya alam melimpah dan berbatasan langsung dengan laut bebas membuat Natuna menjadi incaran banyak negara tetangga.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
17:39
BNNP DKI JAKARTA GAGALKAN PENYELUNDUPAN 1 KILOGRAM SABU DAN AMANKAN 4 TERSANGKA   MENTERI LUAR NEGERI RETNO MARSUDI: BELUM ADA WNI TERJANGKIT VIRUS KORONA   CEGAH VIRUS KORONA, ANGKASA PURA II PERKETAT PENGAWASAN DI BANDARA   POLISI KOORDINASI DENGAN KEDUTAAN BESAR AS USUT KASUS PENYELUNDUPAN BROWNIES GANJA   TUNJUK YENNY WAHID SEBAGAI KOMISARIS GARUDA INDONESIA, MENTERI BUMN PASTIKAN TAK ADA INDIKASI BAGI-BAGI JABATAN   TETAPKAN 5 HAKIM AGUNG, KOMISI III DPR PASTIKAN TIDAK ADA NAMA TITIPAN   PEMERIKSAAN PSIKOLOGIS, 2 TERSANGKA KASUS PENDIRIAN KERATON AGUNG SEJAGAT DINYATAKAN TIDAK MEMILIKI GANGGUAN JIWA   PRESIDEN JOKOWI MINTA MENHAN PRABOWO SUBIANTO BUAT RENCANA STRATEGIS UNTUK TINGKATKAN KESEJAHTERAAN PRAJURIT TNI   PRESIDEN JOKO WIDODO MINTA TNI BERANI KEMBANGKAN DRONE BERSENJATA   PRESIDEN JOKO WIDODO: TRANSPORTASI IBU KOTA BARU SERBA ELEKTRIK DAN OTOMATIS   KEMENKEU: ALOKASI PEMBIAYAAN PROYEK LEWAT SURAT BERHARGA SYARIAH NEGARA CAPAI RP 27,35 TRILIUN PADA 2020   PERUSAHAAN GAS NEGARA OPTIMISTIS BANGUN JARINGAN GAS 700.000 SAMBUNGAN RUMAH PADA TAHUN INI   KOMISI III DPR AKAN PANGGIL MENKUMHAM YASONNA LAOLY DALAM RAKER BERSAMA BAHAS SOAL HARUN MASIKU   PEMECATAN HELMY YAHYA DARI DIRUT TVRI, ANGGOTA KOMISI I DPR MUHAMMAD FARHAN: HARUS AUDIT INVESTIGASI