Kompas TV nasional berita kompas tv

BMKG Himbau Warga Terus Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem

Kompas.tv - 11 Januari 2020, 16:31 WIB
Penulis : Dea Davina

BMKG memperkirakan cuaca ekstrem akan terjadi di wilayah bagian timur Indonesia. Untuk itu, warga diminta terus waspada, dan Pemerintah Daerah tingkatkan kesiapsiagaan.

Badan meteorologi klimatologi dan geofisika, BMKG, memperkirakan cuaca buruk berupa angin  kencang dan gelombang tinggi mencapai tiga meter, dalam tiga hari ke depan.

Untuk itu, BMKG  Merauke mengimbau masyarakat di sekitar pantai, serta nelayan waspada. Meski begitu, masih ada nelayan Pantai Lampu Satu, Merauke yang turun di pinggiran pantai, dan tidak  jauh dari daratan. Hal ini karena, nelayan memperkirakan cuaca buruk terjadi pada sore hingga malam.

Untuk itu, pada pagi hingga sore hari mereka melaut, meski tidak mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cuaca buruk juga membuat nelayan tidak bisa melaut selama satu minggu di lautan, seperti biasa.

Sementara, BMKG wilayah Lima Jayapura, juga mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Papua dan Papua Barat, selama seminggu ke depan.

Kepala BMKG wilayah Lima Jayapura, menyebut cuaca ekstrem di wilayah utara dan selatan Papua, juga akan disertai hujan deras dan angin kencang.

Sejumlah daerah yang akan terdampak yakni, Kabupaten Keerom, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi, Merauke dan Mappi.

Sementara untuk wilayah Papua Barat, BMKG mengimbau warga untuk mewaspadai angin kencang dan gelombang tinggi berkisar 2-5 meter di wilayah Perairan Sorong dan Manokwari.

Selain itu, BMKG juga mengimbau kepada Pemerintah Daerah setempat, untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan menyiapkan peringatan dini bencana kepada warga, terutama yang berada di daerah rawan banjir.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.