Kompas TV nasional berita kompas tv

Gubernur Riau Lantik Keluarga dan Kerabat Jadi Pejabat, Setda Riau: Sesuai Potensinya

Kompas.tv - 10 Januari 2020, 23:11 WIB
Penulis : Edika ipelona

Sejumlah kerabat dan keluarga gubernur serta sekretaris Daerah Riau dilantik sebagai pejabat daerah. Terkait hal ini, asisten satu Provinsi Riau menyatakan jika sesuai potensi bukanlah pelanggaran. Pro kontra terkait adanya dugaan pengangkatan jabatan bagi keluarga maupun kerabat dari Gubernur Riau Syamsuar dan Sekda Riau menjadi sorotan.

Menanggapi hal ini,  Asisten Satu Provinsi Riau Ahmad Syah Haroffie mengatakan pelantikan tersebut tidak melanggar aturan dan sudah sesuai dengan potensinya. Pakar komunikasi politik, Lely Arrianie, menyoroti etika poltik Gubernur Riau dan sekretaris daerah terkait pengangkatan keluarga menjadi pejabat di Provinsi Riau.

Lely tidak menampik adanya politik dinasti dalam pengangkatan keluarga gubernur dan sekda provinsi riau suatu hal yang lumrah. Namun, Lely mengkhawatirkan tatanan birokrasi bisa terdampak akibat etika politik yang dilanggar oleh gubernur dan sekretaris daerah Provinsi Riau.

Pelantikan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menjadi perbincangan publik belakangan ini. Pasalnya, sejumlah nama-nama pejabat yang dilantik itu terdapat keluarga dekat Gubernur Riau Syamsuar dan keluarga Sekretaris Daerah (Sekda) Riau Yan Prana Jaya Indra Rasyid. Pelantikan para pejabat tersebut dilakukan oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution di Aula Menara Dang Merdu Bank Riau-Kepri, Selasa (7/1/2020).

Setidaknya terdapat 737 pejabat eselon III dan IV Pemprov Riau yang dilantik, termasuk pejabat fungsional seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Riau dan beberapa pejabat pindahan dari kabupaten dan kota di Riau.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.