Kompas TV nasional berita kompas tv

40 Ton Garam Dalam 24 Kali Penerbangan Sudah Digunakan Untuk Menekan Curah Hujan

Kompas.tv - 10 Januari 2020, 16:50 WIB
Penulis : Dea Davina

Sepekan sudah upaya mengatasi cuaca dengan melakukan modifikasi cuaca dilakukan. Agar prediksi Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika, curah hujan yang sangat tinggi, bisa dikurangi. Agar banjir tak lagi terjadi. Terutama di Jakarta, Bogor, Banten. Wilayah-wilayah yang terdampak banjir dan tanah longsor, pada awal Januari lalu.

Ujung tombaknya, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, bersama TNI Angkatan Udara. Lalu bagaimana proses modifikasi cuaca dilakukan BPPT dan TNI AU? Apakah tujuannya tercapai? 

Kita belajar lagi dari banjir besar Januari lalu, dimana aktifitas warga terhambat, aktifitas ekonomi warga terhambat serta rumah warga yang terdendam. Maka kemudian Pemerintah bersama dengan TNI melakukan upaya Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang sudah berlangsung pada 3 Januari lalu yang motori langsung oleh BPPT. Sudah ada beberapa armada pesawat yang di gunakan untuk membantu kelancaran proses TMC ini.

Salah satunya yang ada di Lanud Halim Perdana Kusuma adalah pesawat CN295 yang mampu mengangkut 2,4 Ton Garam NaCl beserta pipa penyalurnya. Harapannya setelah penebaran garam ini bisa mengurangi kadar atau intensitas curah hujan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.