Kompas TV nasional sapa indonesia

Kasus Pembunuhan Hakim PN, Sang Anak Berharap Pelaku Dihukum Setimpal

Jumat, 10 Januari 2020 | 12:51 WIB

Pembunuhan berlatar belakang masalah keluarga, terjadi. Pelaku pembunuhan telah terungkap. Hakim Pengadilan Negeri Medan, Jamaluddin, dibunuh oleh keluarga dekat. Sang istri, menjadi otak pembunuhan, dan dua tersangka lain merupakan eksekutor.

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, penyidikan, hingga pemeriksaan beberapa saksi, polisi akhirnya berhasil mengungkap kasus pembunuhan Hakim Pengadilan Negeri Medan, Sumatera Utara.

Anak pertama Hakim PN medan, dari istri pertama, Kenny Akbari Jamal, mengaku tak menyangka bila pelaku pembunuhan ayahnya adalah ibu tirinya sendiri, Zuraida Hanum. Kenny mengungkapkan, ayah dan ibu tirinya tak terlihat sering cekcok besar. Kenny berharap pelaku dijatuhi hukuman setimpal.

Sementara itu, Kapolda Sumatera Utara, Kapolda Sumut, Irjen. Pol. Martuani Sormin menjelaskan, motif pelaku memang akibat cekcok rumah tangga. Irjen. Pol. Martuani juga menyebutkan bagaimana cara Hakim Jamaluddin dibunuh.

Mengapa pembunuhan seperti ini kerap terjadi? Masalah sebesar apa yang dapat memicu tindak kekerasan hingga menghilangkan nyawa?

Menurut Ketua Asosiasi Psikolog Forensik, Reni Kusumowardhani berkata bahwa ada beberapa jenis relasi dalam keluarga, salah satunya relasi suami dan istri. Menurut Reni, “motif ekonomi itu biasanya paling kuat, yang kedua itu asmara, lalu ketidakpuasan, dan kemarahan.” 

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

PROKES Jelang Libur Panjang

Jumat, 30 Oktober 2020 | 11:29 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
11:40
KPK AJAK MASYARAKAT PILIH CALON KEPALA DAERAH YANG JUJUR DAN BERINTEGRITAS DALAM PILKADA 2020   KEMENTERIAN PERHUBUNGAN DORONG PEMULIHAN EKONOMI SEKTOR TRANSPORTASI   MENKO POLHUKAM: PERLU SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK UNTUK WUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BERSIH   MENKUMHAM YASONNA LAOLY TEGASKAN PENTINGNYA REVOLUSI DIGITAL PELAYANAN PUBLIK   BPOM SEBUT TAK KESAMPINGKAN ASPEK KEAMANAN, KHASIAT, DAN MUTU DALAM PEMBERIAN PERSETUJUAN VAKSIN COVID-19   SATGAS COVID-19 INDRAMAYU TERBITKAN ATURAN PROTOKOL KESEHATAN SELAMA MASA PILKADA 2020   KKP SEBUT TELAH MELATIH 47.000 ORANG DALAM SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN: IZIN USAHA PENGOLAHAN KOMODITAS PERIKANAN SEMAKIN MUDAH DAN CEPAT   CEGAH PRAKTIK PENYIMPANGAN KOPERASI, KEMENKOP DAN UKM MULAI TERAPKAN REFORMASI SISTEM PENGAWASAN KOPERASI   BAWASLU RIAU AWASI KETAT PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN SAAT KAMPANYE   PT PUPUK INDONESIA TELAH SALURKAN 69 JUTA TON PUPUK BERSUBSIDI KEPADA PETANI   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN: APLIKASI SIPETAK UNTUK MENINGKATKAN AKURASI DATA PENGELOLAAN TAMBAK   MENKOMINFO: HAK ATAS KEBEBASAN BEREKSPRESI DAN BERPENDAPAT DI INDONESIA MEMILIKI BATAS YANG HARUS DIPATUHI   SATGAS COVID-19 LUNCURKAN SISTEM BERSATU LAWAN COVID-19 UNTUK OPTIMALKAN OPERASI YUSTISI