Kompas TV video cerita indonesia

Dubes China: Konflik Natuna Tak Pengaruhi Investasi ke Indonesia

Kompas.tv - 10 Januari 2020, 09:19 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian memastikan masalah di Perairan Natuna tidak memengaruhi investasi pihaknya ke Indonesia. Menurut Xiao Qian, permasalahan di Perairan Natuna bisa diselesaikan.

"Kami punya hubungan yang sangat baik di banyak area, tapi teman baik kadang punya perspektif yang berbeda. Kami bisa menyelesaikan masalah ini. Kami memiliki komunikasi yang baik dan saya pikir masalah kami akan terselesaikan dengan baik," ucapnya saat ditemui di Bursa Efek Indonesia, Jakarta Rabu (8/1/2020).

Baca Juga: Beda Sikap Luhut Pandjaitan, Prabowo Subianto, Hingga Mahfud MD Soal Natuna

Dilansir dari Kompas.com, Xiao Qian juga mengatakan, pertikaian soal Natuna tidak akan memberi pengaruh kepada hubungan ekonomi kedua negara termasuk investasi China di Indonesia.

Pernyataan yang disampaikan oleh Xiao Qian senada dengan apa yang disampaikan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut justru menegaskan kalau pertikaian yang terjadi di Natuna juga tidak memberi pengaruh terhadap ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Tak Ada Negosiasi, Mahfud MD Minta Kapal China Diusir dari Natuna!

Sebelumnya, Luhut bahkan meminta ketegangan dengan China karena masalah laut Natuna tak perlu dibesar-besarkan.

"Sebenarnya enggak usah dibesar-besarin lah. Kalau soal kehadiran kapal itu, sebenarnya kan kita juga kekurangan kemampuan kapal untuk melakukan patroli di ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) kita itu," kata Luhut di kantornya, Jumat (3/1/2020).

#Natuna #KonflikNatuna #China



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.