Kompas TV feature polisiku

Mengenang Jendral Polisi Awaloedin - POLISIKU

Kamis, 9 Januari 2020 | 20:02 WIB

Jenderal Pol. (Purn.) Prof. DR. Awaloedin Djamin MPA, adalah tokoh kebanggaan Kepolisian Republik Indonesia. Separuh hidupnya, di dedikasikan untuk memberikan ide dan inovasi untuk kemajuan Polri. Tak hanya itu, putra bangsa kelahiran Padang, Sumatera Barat pada 26 september 1927 ini, juga melakoni sederet jabatan semasa hidupnya. Apa saja jabatan yang ia peroleh? Kebijakan apa saja yang ia ambil pada saat menjadi Kapolri? Saksikan ulasannya dalam program Polisiku episode MENGENANG JENDERAL POLISI (PURN) PROF. DR. AWALOEDIN DJAMIN, MPA (KAPOLRI PERIODE TAHUN 1978 - 1982).

Semasa hidupnya, pria kelahiran Padang, Sumatera Barat pada 26 September 1927 ini pernah mengenyam pendidikan di University of Southern California, AS pada 1962. Kemudian, dia menjabat sebagai lektor luar biasa di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 1964. Setelah itu, karier Awaloedin beralih ke pembantu presiden menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja Kabinet Ampera (1966) dan Deputi Pangkat Urusan Khusus (1968) ketika Kapolri Hoegeng Iman Santoso masih bertugas. Dua tahun kemudian Awaloedin menjadi Direktur Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Setelah itu, ia menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Jerman Barat pada tahun 1976. Dua tahun menetap di Jerman, akhirnya ia dipanggil pulang ke Jakarta untuk dilantik menjadi Kapolri pada 26 September 1978 oleh Presiden Soeharto. Dalam masa tugasnya sebagai Kapolri, Awaloedin juga memimpin organisasi Polri yang diarahkannya pada kelembagaan yang dinamis dan profesional.
 

Editor : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:19
MANTAN MENKEU MALAYSIA, LIM GUAN ENG, DIDAKWA TERLIBAT KORUPSI PROYEK KONSTRUKSI TEROWONGAN SENILAI RP 21,9 TRILIUN   PM INDIA NARENDRA MODI BERDUKA ATAS KECELAKAAN PESAWAT AIR INDIA EXPRESS   SEBANYAK 17 ORANG MENINGGAL AKIBAT TERGELINCIRNYA PESAWAT AIR INDIA EXPRESS DI BANDARA CALICUT, KARIPUR   MENLU RETNO MARSUDI: SELAMAT HUT KE-53 ASEAN, ASEAN BERSATU, ASEAN KUAT   POLRESTA DELI SERDANG, SUMUT, TETAPKAN 11 TERSANGKA YANG MENGHALANGI PENANGKAPAN BURONAN NARKOBA   PEMPROV DKI TUTUP SEMENTARA LANTAI 7 GEDUNG BLOK G BALAI KOTA SETELAH SEJUMLAH STAF REAKTIF KORONA   KEMENAG MENGEVALUASI KURIKULUM DARURAT MADRASAH YANG DITERAPKAN SAAT PANDEMI   MENDIKBUD: KERJA SAMA SEMUA PIHAK DIPERLUKAN UNTUK SUKSESKAN PENERAPAN KURIKULUM DARURAT   KPAI APRESIASI KEMENDIKBUD SUSUN KURIKULUM DARURAT DI TENGAH PANDEMI KORONA   KSAD JENDERAL TNI ANDIKA PERKASA JADI WAKIL KETUA KOMITE PELAKSANA DAN PENANGANAN COVID-19   PINANGKI SIRNA MALASARI MERUPAKAN JAKSA YANG DIDUGA PERNAH BERTEMU DJOKO TJANDRA SAAT MASIH BURON   KEJAGUNG SEGERA SERAHKAN LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN JAKSA PINANGKI SIRNA MALASARI KE KOMISI KEJAKSAAN   KUOTA PENDAFTARAN KARTU PRAKERJA GELOMBANG IV BERJUMLAH 800.000 ORANG   PENDAFTARAN KARTU PRAKERJA GELOMBANG IV DI WWW.PRAKERJA.GO.ID DIBUKA HARI INI PUKUL 12.00 WIB