Kompas TV feature polisiku

Mengenang Jendral Polisi Awaloedin - POLISIKU

Kompas.tv - 9 Januari 2020, 20:02 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Jenderal Pol. (Purn.) Prof. DR. Awaloedin Djamin MPA, adalah tokoh kebanggaan Kepolisian Republik Indonesia. Separuh hidupnya, di dedikasikan untuk memberikan ide dan inovasi untuk kemajuan Polri. Tak hanya itu, putra bangsa kelahiran Padang, Sumatera Barat pada 26 september 1927 ini, juga melakoni sederet jabatan semasa hidupnya. Apa saja jabatan yang ia peroleh? Kebijakan apa saja yang ia ambil pada saat menjadi Kapolri? Saksikan ulasannya dalam program Polisiku episode MENGENANG JENDERAL POLISI (PURN) PROF. DR. AWALOEDIN DJAMIN, MPA (KAPOLRI PERIODE TAHUN 1978 - 1982).

Semasa hidupnya, pria kelahiran Padang, Sumatera Barat pada 26 September 1927 ini pernah mengenyam pendidikan di University of Southern California, AS pada 1962. Kemudian, dia menjabat sebagai lektor luar biasa di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 1964. Setelah itu, karier Awaloedin beralih ke pembantu presiden menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja Kabinet Ampera (1966) dan Deputi Pangkat Urusan Khusus (1968) ketika Kapolri Hoegeng Iman Santoso masih bertugas. Dua tahun kemudian Awaloedin menjadi Direktur Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Setelah itu, ia menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Jerman Barat pada tahun 1976. Dua tahun menetap di Jerman, akhirnya ia dipanggil pulang ke Jakarta untuk dilantik menjadi Kapolri pada 26 September 1978 oleh Presiden Soeharto. Dalam masa tugasnya sebagai Kapolri, Awaloedin juga memimpin organisasi Polri yang diarahkannya pada kelembagaan yang dinamis dan profesional.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x