HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas bisnis

Buka "Borok" Jiwasraya, BPK Ungkap "Main Mata" Direksi Jiwasraya

Kamis, 9 Januari 2020 | 14:03 WIB

Kejahatan korporasi di Asuransi Jiwasraya satu per satu dibongkar. Meski belum menetapkan tersangka, tetapi ada 16 temuan. Salah satunya terdapat lebih dari lima ribu transaksi investasi, yang merupakan hasil patgulipat manajer dan direksi Jiwasraya, yang sekaligus "main mata" dengan manajer investasi.

Investigasi Badan Pemeriksa Keuangan terhadap Asuransi Jiwasraya, semakin banyak menguak kebobrokan. Walaupun belum ada sinyal penetapan tersangka, pengelolaan investasi dana nasabah, mengerucut pada kejahatan korporasi.
BPK mengungkap, sejak tahun 2009 sampai 2018, ada lebih lima ribu transaksi investasi, di instrumen reksadana, saham, dan pengalihan pendapatan. Sebagian besar adalah, hasil "main mata", internal manajer dan direksi Jiwasraya, dengan pihak luar yaitu manajer investasi. Jual beli saham dilakukan dalam waktu berdekatan, untuk menghindari pencatatan yang terindikasi rekayasa akuntansi.

Kongkalikong tak hanya pada pengelolaan investasi.Tetapi juga pada laporan keuangan semu.

Pada 2017, Jiwasraya membukukan laba sebesar 2,4 triliun rupiah. Namun, laba tersebut tidak wajar, karena terdapat kecurangan pencadangan 7,7 triliun rupiah pada laporan keuangan. Aslinya, Jiwasraya merugi, bahkan membesar di November 2019, senilai 27,2 triliun rupiah.

Jika sesuai dengan kondisi, seharusnya Jiwasraya mengelola investasi secara moderate, dengan komposisi investasi berisiko sedang. Kenyataannya, lebih dari 50 persen dana nasabah ditanam di saham berkualitas rendah.

Tidak hanya nasabah yang mengejar keadilan. Jiwasraya berubah wajah menjadi krisis kepercayaan publik terhadap perusahaan asuransi. Oleh sebab itu, mata publik juga semakin tajam, pada transparansi penegakan hukum.
 

Penulis : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
19:58
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB   DINAS SUMBER DAYA AIR DKI KERAHKAN 8.000 PETUGAS TANGANI BANJIR JAKARTA   PRESIDEN JOKO WIDODO SIAPKAN INSTRUMEN FISKAL UNTUK ATASI DAMPAK PENYEBARAN VIRUS KORONA TERHADAP PEREKONOMIAN   KETUA PANJA JIWASRAYA ARIA BIMA AKAN GELAR RAPAT PANJA GABUNGAN BAHAS PENYEHATAN ASURANSI JIWASRAYA   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI: PARIWISATA INDONESIA RUGI 500 JUTA DOLLAR AS KARENA VIRUS KORONA   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI: PROYEK KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG BISA TERTUNDA KARENA VIRUS KORONA   WABAH VIRUS KORONA DI KORSEL, ANGGOTA KOMISI IX DPR SALEH PARTAONAN: KESELAMATAN WNI HARUS DIPRIORITASKAN   KETUA TIM INFEKSI KHUSUS: TIGA PASIEN YANG DIISOLASI DI RS HASAN SADIKIN BANDUNG NEGATIF KORONA   KEMENTERIAN BUMN BANTAH AKAN SUNTIK ASURANSI JIWASRAYA RP 15 TRILIUN UNTUK MEMBAYAR KLAIM NASABAH   BPBD: BANJIR DI JABAR MELANDA KABUPATEN KARAWANG, BEKASI, DAN KOTA BEKASI   GUBERNUR JATIM INGATKAN PENERIMA DANA DESA TAHAP PERTAMA MEREALISASIKAN DANA DESA UNTUK KEGIATAN PADAT KARYA TUNAI   KAPOLDA METRO JAYA IRJEN NANA SUDJANA: 782 KELUARGA TERDAMPAK BANJIR DI PERIUK, KOTA TANGERANG   PEMKOT BEKASI SEBUT BANJIR DISEBABKAN DIBERHENTIKANNYA PROYEK NORMALISASI SUNGAI