Kompas TV nasional kilas kompas

Uang Jiwasraya Disebut Masuk ke TKN Jokowi-Ma'ruf, Ini Tanggapan Wapres Ma'ruf Amin

Kompas.tv - 9 Januari 2020, 09:26 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

Wakil Presiden Ma'ruf Amin membantah aliran uang dari Jiwasraya masuk ke dana kampanyenya bersama Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019. Hal itu disampaikan Ma'ruf menanggapi berbagai tudingan di media sosial dan dugaan yang dimunculkan oleh Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono.

Badan Pemeriksa Keuangan, BPK menyebut laba atau keuntungan PT Jiwasraya semu sejak tahun 2006 silam. Sementara klaim memperoleh laba atau keuntungan diperoleh dari rekayasa laporan keuangan atau window dressing.

Baca Juga: Bongkar Borok Jiwasraya, Ini Hasil Audit Investigasi BPK

Keuntungan semu atau tak nyata PT Jiwasraya sudah diendus Badan Pemeriksa Keuangan sejak 2006 silam. Untuk menutupi kerugian, dilakukanlah rekayasa laporan keuangan.

Sebut saja di tahun 2017 asuransi plat merah ini mengklaim mendapatkan keuntungan dari laporan yang tak wajar. Nyatanya Jiwasraya terus merugi setiap tahun. Kerugian terus terjadi lantaran perusahaan menjual produk saving plan dengan bunga tinggi diatas rata rata sejak 2015 yang kemudian dana nasabah tersebut diinvestasikan pada produk keuangan saham dan reksadana berkualitas rendah .

Baca Juga: Jaksa Agung: 2 Bulan Lagi Tersangka Jiwasraya Diumumkan

Sementara itu, Wakil Presiden, Ma’ruf Amin menyebut tudingan adanya dana Jiwasraya mengalir ke tim kampanye Presiden dan Wakil Presiden adalah fitnah. Wapres mempersilakan Kejaksaan Agung untuk menangani kasus ini sampai tuntas agar pihak yang bersalah bisa dihukum. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x