Kompas TV nasional sapa indonesia

Gonta-ganti Gubernur Jakarta Tetap Banjir, Begini Kata Bang Yos

Kompas.tv - 9 Januari 2020, 02:35 WIB
Penulis : Reny Mardika

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, BMKG memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat  masih akan menguyur seluruh wilayah di pulau jawa hingga pekan depan.

BMKG menyebut, banjir yang terjadi di awal tahun belumlah menjadi puncak dari cuaca ekstrem di Indonesia. Pasca ada prediksi dari BMKG ini, Kedubes Amerika Serikat meminta warganya yang ada di Jakarta untuk waspada.

Prakiraan cuaca menunjukkan sebagian besar wilayah DKI Jakarta akan akan mengalami curah hujan yang luar biasa hingga 12 Januari 2020. Antisipasi badai dan angin kencang dengan kemungkinan banjir, tanah longsor, pemadaman listrik, dan kondisi perjalanan yang sulit di seluruh wilayah Jakarta, tulis Kedubes Amerika Serikat.

Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas bersama dengan  sejumlah kepala daerah terkait  penanganan banjir dan longsor yang melanda sejumlah wilayah pada awal tahun. Beberapa daerah yang terdampak cukup parah Jabodetabek, Jawa Barat, serta Banten.

Jokowi menyatakan, proses penanganan tanggap darurat  banjir dan longsor, sudah berjalan dengan baik. Setelah tanggap drurat selesai, Jokowi berharap tahap rekonstruksi dan rehabilitasi segera dilakukan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy  menyebut, pemerintah akan memberikan bantuan dana sebesar 500 ribu rupiah  per bulan kepada warga untuk memperbaiki rumahnya.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim,  jumlah pengungsi di yang terdampak banjir telah berkurang. Anies menyebut, hingga kemarin tinggal tersisa tujuh titip pengungsian, dan masih ada 697 orang yang ada di pengungsian.

Warga tetap harus mewaspadai cuaca buruk, yang diprediksi masih akan terjadi. Sementara pemerintah harus memastikan seluruh kebutuhan pengungsi yang terdampak banjir dan longsor tetap terpenuhi.

Jakarta sudah beberapa kali ganti Gubernur, namun Ibu Kota masih terus kebanjiran. Apa langkah paling pas untuk mengatasi banjir di Jakarta? Dan apa prediksi BMKG terkait curah hujan sepekan ke depan?

Simak pembahasannya bersama Gubernur DKI Jakarta dari 1997 hingga 2007, Sutiyoso dan Kepala BMKG Dwikorita  Karnawati.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.