Kompas TV nasional kompas petang

BMKG: Waspadai Hujan Lebat di Jakarta Sampai 12 Januari

Kompas.tv - 8 Januari 2020, 21:40 WIB
Penulis : Reny Mardika

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, BMKG meminta warga di pesisir untuk mewaspadai banjir rob. Hal ini tak lepas dari prediksi hujan deras pada pertengahan Januari. Sementara itu, BMKG juga menyatakan akan ada potensi air laut pasang maksimum seperti di Tanjung Priok dan Tanjung Mas. Sehingga jika air laut pasang, ditambah dengan intensitas hujan tinggi yang menyebabkan air sungai meluap maka kemungkinan akan terjadi rob.

Untuk wilayah Jakarta, hujan diprediksi lebih sering terjadi pada sore, malam dan dini hari. Hujan di malam hari akan cukup tinggi terjadi di wilayah utara Jakarta. Jika pasang air laut mencapai maksimum dan disertai hujan, warga diimbau untuk waspada akan datangnya rob.

BNPB sudah menyebar peringatan antisipasi bencana ke seluruh BPBD. Kepala Pusat Data dan Informasi Komunikasi BNPB, Agus Wibowo mengatakan, Pemda perlu menyiapkan status siaga darurat bencana, termasuk menyiapkan tim logistik, penyelamat, hingga wilayah yang disiapkan untuk tempat warga bila harus mengungsi.

Selain itu, prediksi hujan sampai 12 Januari akan terjadi hujan lebat. Terkait curah hujan tinggi yang melanda Jakarta akhir-akhir ini, simak penjelasan selengkapnya dengan Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, A. Fachri Radjab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.