HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas bisnis

Pemerintah Berencana Tambah Kuota Impor, Petani Garam Kian Merana

Rabu, 8 Januari 2020 | 15:16 WIB

Saat musim penghujan, para petani tambak di Cirebon, Jawa Barat tak bisa berproduksi. Di saat yang sama, stok garam, tak bisa diandalkan karena harga garam rakyat terus anjlok. Kekhawatiran para petani tambak semakin menjadi, saat mendengar rencana pemerintah menaikkan kuota impor garam.

Memasuki awal tahun, tak banyak yang bisa dilakukan Saur. Pria berusia 50 tahun ini, hanya dapat membersihkan tambak garamnya di Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Baca Juga: Indofood Klaim Tak Pernah Impor Garam

Saur tak bisa bekerja memproduksi garam, karena minimnya panas matahari. Tak hanya Saur seorang diri, sebagian besar produksi garam tambak di Kabupaten Cirebon dihentikan sejak hujan kerap mengguyur Desember lalu.

Stok garam yang ada, tak mampu diandalkan. Banyak sisa hasil panen masih menumpuk, tak terjual.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebon, mencatat total sekitar 130 ribu ton garam, belum terserap pasar, hingga akhir tahun lalu.

Baca Juga: Petani Garam Madura Desak Jokowi Minta Maaf

Melimpahnya garam petani, bahkan membuat harga garam rakyat anjlok menjadi hanya 200 rupiah per kilogram. Harga merosot tajam dari 2018, yang sempat menyentuh 1.800 rupiah.

Dengan kondisi seperti ini, kabar pemerintah menaikkan alokasi kuota impor garam, membuat Saur terpukul. Saur berharap pemerintah mau membeli garam rakyat, agar dapur tiga anak ini terus mengepul. Tak hanya di sekitar tambak, stok garam tersebar di gudang-gudang petani hingga pinggir jalan raya.
 

Penulis : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:23
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !   SAAT INI, LIVERPOOL KOKOH DI PUNCAK KLASEMEN LIGA INGGRIS DENGAN KOLEKSI 76 POIN   LIVERPOOL JADI TIM PERTAMA EROPA YANG LOLOS KE LIGA CHAMPIONS MUSIM DEPAN   THAILAND MELARANG WARGANYA KUNJUNGI JEPANG DAN SINGAPURA UNTUK SEMENTARA WAKTU KARENA VIRUS KORONA   DIREKTUR RS WUCHANG, WUHAN, LIU ZHIMING MENINGGAL DUNIA AKIBAT VIRUS KORONA   BADAN PENANGGULANGAN BENCANA INGGRIS TERBITKAN 600 PERINGATAN BAHAYA BANJIR AKIBAT BADAI DENNIS   PENCARIAN KORBAN LONGSOR DI PASAMAN, SUMBAR, TERKENDALA AKSES MASUK ALAT BERAT KE LOKASI KEJADIAN   DPR MINTA KEMENTAN BENAHI PERHITUNGAN DATA PERTANIAN   BNN SITA KERANJANG BUAH YANG DIDUGA BERISI GANJA DI CIKOKOL, KOTA TANGERANG   DINAS TATA RUANG KOTA BEKASI SEBUT 400.000 RUMAH TINGGAL YANG TIDAK MENGANTONGI IMB BERADA DI PERKAMPUNGAN   DINAS TATA RUANG KOTA BEKASI: ADA 400.000 DARI 800.000 RUMAH TINGGAL DI BEKASI YANG BELUM MENGANTONGI IMB   TRANSJAKARTA UBAH RUTE BUS HARMONI-PULOGADUNG KARENA ADA PENGERJAAN "UNDERPASS" SENEN, JAKARTA PUSAT   KEPALA STAF KEPRESIDENAN (KSP) MOELDOKO: PROGRAM KARTU PRAKERJA MULAI DILAKSANAKAN APRIL 2020