Kompas TV nasional kompas tv news

Politik Luar Negeri Indonesia, Ini Prioritas yang Disampaikan Menlu Retno Marsudi

Kompas.tv - 8 Januari 2020, 15:02 WIB

Rabu, 8 Januari 2020, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan laporan akhir tahun 2019. Sejumlah hal jadi bahasan, dari mulai berbagai hal yang diinisiasi Indonesia di kancah dunia dan langkah politik Indonesia dalam 5 tahun terakhir, yang konsisten menjalankan politik luar negeri bebas aktif di tengah konflik dan perang di berbagai tempat.

Menlu juga menjelaskan, setahun terakhir Indonesia banyak berinvestasi di isu perempuan, perdamaian, dan keamanan. Untuk proyeksi tahun 2020, salah satu yang digaungkan adalah peran Indonesia untuk memajukan kolaborasi.

Baca Juga: Apakah Ketegangan Iran - AS Berdampak Pada Indonesia?

Serangan dilakukan oleh Amerika Serikat pada hari Jumat, tanggal 3 Januari 2020 terhadap Mayor Jenderal Qasem Soleimani. Hubungan antara Iran dan Amerika Serikat kian memanas pasca-tewasnya Panglima Tertinggi Militer Iran, Qasem Soleimani. Menlu Retno Marsudi dalam pidatonya di acara Pidato Tahunan Menteri Luar Negeri mengungkapkan, “Indonesia mengharapkan, semua pihak yang terkait untuk menahan diri agar tidak jadi eskalasi lebih lanjut.”

#RetnoMarsudi #AmerikaSerikat #Iran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x