Kompas TV video cerita indonesia

Ada Apa Dengan Kekayaan Natuna?

Kompas.tv - 8 Januari 2020, 16:10 WIB
Penulis : Angela Winda

Kapal-kapal ikan asing, kembali masuk ke Laut Natuna Utara. Direktur Pusat Kajian Maritim memperkirakan bahwa kapal-kapal asing tersebut kembali karena kekayaan alam Natuna yang luar biasa menggiurkan. Misalnya saja di bagian perikanan, Laut Natuna Utara kaya akan ikan yang memiliki nilai ekonomi tinggi yaitu ikan tuna, ikan cakalang dan ikan tongkol. Dan stok ikan-ikan tersebut di wilayah perairan Vietnam dan China sudah menipis, karena hal itulah maka mereka mengejar Laut Natuna Utara. 

Sementara itu, Laut Natuna Utara juga kaya akan sumber daya minyak dan gas. Indonesia dikenal sebagai produsen gas alam dunia, dan daerah penghasil gas alam terbesar berlokasi di Perairan Natuna. Tidak hanya itu saja, gas alam yang dihasilkan Natuna juga disebut sebagai daerah penghasil gas alam terbesar se-Asia Pasifik.

Baca Juga: Diklaim China, Natuna Banyak Simpan Cadangan Gas Alam

Untuk kasus China sendiri, mereka tidak hanya mengejar sumber daya perikanannya saja, tetapi juga kedaulatan daerah perairan Natuna tersebut. Seharusnya, pemerintah Indonesia harus selalu hadir di Laut Natuna Utara sebagai bukti bahwa kita memiliki kedaulatan penuh atas daerah tersebut, sebelum dimanfaatkan oleh pihak asing



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.